Saka Widya Budaya Bakti: Pelantikan Pengurus Sekaligus Workshop

0
1044
IMG_0133
Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta Secara Resmi Membuka Kegiatan

Denpasar – Saka Widya Budaya Bakti merupakan satuan karya baru dalam organisasi Pramuka. Pembentukan saka baru ini didasarkan pada hasil MoU antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kwartir Nasional No.17/XI/KB/2013 dan No.011/PK-MoU/2013 tentang pendidikan kepramukaan pada gugus depan di satuan pendidikan dan satuan karya pramuka lingkup pendidikan dan kebudayaan. MoU tersebut ditandatangani dalam acara Musyawarah Nasional Pramuka di Kupang pada 5 Desember 2013.  Pembentukan saka baru tersebut kemudian diikuti oleh kwartir di daerah-daerah dengan difasilitasi oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya wilayah setempat. Untuk wilayah Bali sendiri, satuan karya ini baru secara resmi terbentuk pada Sabtu (12/9) kemarin. Dibuka oleh Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta, acara ini dilaksanakan di Hotel Dewi Karya Denpasar. Balai Pelestarian Nilai Budaya Bali selaku unit pelaksana teknis dari Kemdikbud menjadi penggagas dan fasilitator terselenggaranya acara ini.

12017677_839843836133617_894305592013957178_o
Ketua Kwarda Bali Melantik Pengurus Saka Widya Budaya Bakti

Pembentukan saka baru tersebut ditandai dengan dilantiknya para pengurus saka yang dipilih dari unit-unit pelaksana teknis Kemdikbud di Bali dan instansi-instansi terkait. Unit Pelaksana Teknis Kemdikbud diantaranya Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB), Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) dan Balai Arkeologi. Sedangkan instansi-instansi terkait diantaranya Dinas Kebudayaan, Disdikpora (Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga) dan Museum Negeri Bali.

Seusai pelantikan pengurus saka widya budaya bakti, acara dilanjutkan dengan kegiatan workshop. Workshop ini diikuti oleh sekitar 75 peserta  yang terdiri dari seluruh pengurus Satuan Karya Pramuka Widya Budaya Bakti yang telah dilantik, peserta perwakilan dari Kwartir daerah Provinsi Bali, Kantor Dinas Kebudayaan, Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, serta Kwartir Cabang seluruh Kabupaten dan Kotamadya Denpasar, serta perwakilan kepala sekolah SMA Negeri dan  pembina pramuka di Kabupaten Badung.

Adapun tujuan dari kegiatan Workshop Saka Widya Budaya Bakti ini adalah untuk mengenalkan atau mensosialisasikan Saka Widya Budaya Bakti bidang kebudayaan, memberikan pemahaman akan pentingnya pelestarian kebudayaan melalui kegiatan kepramukaan serta   menyampaikan bentuk dan macam-macam kegiatan Saka Widya Budaya Bakti yang dituangkan dalam bentuk  krida-krida. (WN)