Penyerahan Karya Dokumenter Seniman Seni Lukis I Gusti Made Deblog Oleh Gurat Institute

0
211
Karya Dokumenter, Seni Lukis, I Gusti Made Deblog

Fasilitasi Bidang Kebudayaan Merupakan program dari Direktorat Jenderal Kebudayaan di Tahun 2020. Program Fasilitasi Bidang Kebudayaan (FBK) merupakan kegiatan pendukungan berupa fasilitasi dana hibah yang diberikan kepada suatu kelompok kebudayaan atau perseorangan, tidak diperuntukan untuk pembangunan fisik dan non-komersial, serta dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat maupun pihak-pihak yang terkait bidang kebudayaan (stakeholder) untuk mendorong upaya pemajuan kebudayaan secara langsung dan menyeluruh.

Salah satu komunitas yang mendapatkan FBK ini  adalah Komunitas Gurat Institute, yang berlokasi di Desa Penatih Denpasar Timur, Bali. Pada Tahun 2020 Gurat Institue mengajukan proposal berupa pembuatan Buku, Film, serta pameran dan webinar dengan mengambil tokoh seniman lukis Bali yaitu I Gusti Made Deblog.  Beliau adalah salah satu Maestro seni lukis Bali sejak zaman Pita Maha tahun 1936 -1943 dan tidak banyak informasi serta profile mengenai sosok beliau baik sebagai media pembelajaran ataupun dokumentasinya.

Pada Jumat (02/07) perwakilan dari Gurat Institute  datang berkunjung ke kantor Balai Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Bali.  Tujuan dari kunjungan ini adalah selain ingin bertemu dengan Bapak Kepala BPNB Provinsi Bali (I Made Dharma Suteja) juga ingin melakukan penyerhan dari karya dokumenter I Gusti Made Deblog berupa buku sejumlah 5 eksemplar.

Kunjungan dari Bapak I Wayan Seriyoga Parta diterima langsung oleh Bapak Kepala BPNB Provinsi Bali di ruang Kanwa. Dalam pertemuan tersebut Bapak I Wayan Seriyoga Parta menyampaiakn rasa terima kasih kepada Direktorat Jenderal Kebudayan dan BPNB Provinsi Bali atas bantuannya melalui program FBK sehingga bisa menghasilkan sebuah karya dokumenter bagi sang maestro I Gusti Made Deblog, selain itu pembicaraan yang santai dan hangat juga berkembang menjadi permintaan dukungan dari Gurat Institute ke BPNB Provinsi Bali untuk ikut mendukung pemutaran film dokumnter I Gusti Made Deblog  ke masyarakat Umum ataupun komunitas-komunitas yang berada di Provinsi Bali. Program yang diajukan tersebut  disambuat baik oleh Bapak Kepala BPNB Provinsi Bali, karena di BPNB Provinsi Bali juga ada program pemutaran bioskop keliling yang  bisa dimanfaatkan untuk membantu kelancaran dari program yang telah direncanakan oleh Gurat Institute.

Di Akhir pertemuan perwakilan Gurat Institute secara resmi menyerahkan karya dokumenter Seniman Lukis I Gusti Made Deblog sebagai bentuk dari pertanggung jawaban penerima FBK tahun 2020 serta sebagai bentuk  penyebarluasan  infromasi publik melalui karya buku dan Film Dokumenter. tidak hanya penyerahan buku,