“MENS SANA IN CORPORE SANO” VERSI BALAI PELESTARIAN NILAI BUDAYA BALI

0
757

DSC_3387Badung – “Mens Sana In Corpore Sano” berasal dari bahasa latin yang memiliki makna di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Kiranya jargon tersebut sangat cocok untuk menggambarkan olahraga pagi hari yang sedang membudaya di Balai Pelestarian Nilai Budaya Bali. Setiap jumat pagi para pegawai diberi waktu khusus untuk berolahraga. Mulai dari bulutangkis, jogging hingga olahraga ringan seperti jalan sehat.

Pada jumat (5/8/2016) misalnya, Kepala Sub Bagian Tata Usaha BPNB Bali I Wayan Suca Sumadi, S.H mengajak seluruh pegawai untuk jalan sehat bersama di sekitar Jalan Dalung-Abianbase. Jalan sehat merupakan salah satu bentuk olahraga yang sangat praktis. Olahraga ini memiliki banyak manfaat. Beberapa diantaranya: melancarkan sirkulasi darah, membantu mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke, meningkatkan kemampuan otak dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Membudayakan olahraga pada pagi hari di lingkungan BPNB Bali ini kiranya patut dipertahankan. Budaya itu tidak semata-mata dalam bentuk karya seni, bahasa, arsitektur, perkakas maupun adat istiadat. Tapi juga kebiasaan masyarakat tertentu termasuk didalamnya adalah olahraga. Dengan adanya olahraga pada jumat pagi, diharapkan pada senin minggu depannya para pegawai BPNB Bali kembali prima dalam bekerja. Salam Olahraga! (WN)