Kepala BPNB Bali Hadiri Pembukaan Pesta Kesenian Bali Kabupaten Buleleng Ke-40 dan Buleleng Expo Ke-2

0
651
I Made Dharma Suteja, S.S, M.Si (Kepala BPNB Bali)

Kepala BPNB Bali, I Made Dharma Suteja, S.S, M.Si baru saja menghadiri event bergengsi di Kabupaten Buleleng. Event tersebut yaitu pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) Kabupaten Buleleng Ke-40 dan Buleleng Expo Ke-2. Kegiatan dilaksanakan di Eks. Pelabuhan Buleleng pada Kamis (17/5) tadi malam. Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Buleleng yang melibatkan berbagai stakeholder baik pusat maupun daerah.

Kepala BPNB Bali dalam sambutannya sangat mendukung dan mengapresiasi terselenggaranya kegiatan PKB Buleleng dan Buleleng Expo. Salah satu alasannya karena sejalan dengan amanat Undang-Undang No.5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, khususnya mengenai pelestarian kebudayaan daerah. Untuk pelestarian kebudayaan daerah sendiri memang sudah seharusnya ada sinergi antara pemerintah daerah dengan pemerintah pusat.

Tahun 2018, Pesta Kesenian Bali (PKB) Kabupaten Buleleng dan Buleleng Expo mengambil tema Teja Dharmaning Kahuripan. Tema Teja Dharmaning Kahuripan memiliki makna cahaya kemuliaan dan kharismatik tentang semangat kehidupan dan penciptaan seni budaya. Apabila digali lebih jauh lagi, tema ini juga memiliki makna:

  1. kesungguhan dalam bekerja secara giat yang cerdas dan ikhlas.
  2. makna kemajuan bagi kebudayaan baik lokal, nasional maupun internasional.
  3. makna pengabdian yang tiada henti bagi negara.

BPNB Bali sebagai unit pelaksana teknis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI hadir di Kabupaten Buleleng dalam rangka untuk mendukung kegiatan ini. Baik dalam Pesta Kesenian Bali Kabupaten Buleleng maupun Buleleng Expo.

Dalam kegiatan ini BPNB Bali mewakili Kemendikbud. Menyajikan pameran tentang capaian-capaian kinerja Kemendikbud. Tidak ketinggalan pula menampilkan tim kesenian dari SMK Negeri 1 Sukasada Buleleng yang telah mendapat bantuan pemerintah berupa peralatan kesenian yang difasilitasi oleh Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan. Disamping itu, BPNB Bali juga turut andil menyediakan sarana hiburan bagi masyarakat berupa Bioskop Keliling. (WN)