DIALOG BUDAYA NUSA TENGGARA BARAT “ LOMBA KARYA TULIS ILMIAH POLPULER WAYANG SASAK ”

0
1816

Kegiatan dialog budaya yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya oleh Balai Pelestarian Nilai Budaya Bali, NTB, NTT dan bekerjasama dengan instansi terkait, kali ini dilaksanakan di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kabupaten Lombok Utara (15/9/14). Bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pendidikan Pemuda Olahraga Kabupaten Lombok Utara, kegiatan dialog budaya melalui lomba karya tulis ilmiah populer mengambil tema Wayang Sasak. Wayang Sasak merupakan kesenian khas suku Sasak di Lombok yang sampai saat ini masih terjaga keberadaanya di tengah masyarakat.

Kegiatan dialog budaya NTB ini diikuti oleh SMA/SMK atau sederajat yang berada di Kabupaten Lombok Utara. Peserta terdiri atas 75 peserta gabungan siswa-siswi dan guru pendamping dari masing-masing sekolah. Melalui kegiatan ini yang mengambil tema wayang sasak diharapkan dapat mengenalkan kesenian khas suku Sasak ke generasi muda, dimana zaman seperti sekarang teknologi dan moderenisasi lebih digemari oleh generasi muda dibandingkan budaya mereka sendiri yang memiliki nilai-nilai adi luhung. Selain itu dialog budaya ini juga untuk merayakan hari ulang tahun Kabupaten Lombok Utara ke 6 dan hari ulang tahun Republik Indonesia ke 69 dan meningkatkan pemahaman generasi muda terhadap kearifan lokal yang terkandung dalam pertunjukan Wayang Sasak.

Dialog budaya Nusa Tenggara Barat melalui lomba karya tulis ilmiah populer yang diikuti oleh siswa-siswi SMA/SMK se-Kabupaten Lombok Utara melaksanakan presentasi dihadapan para juri. Masing-masing kelompok membawakan hasil karya tulis mereka dengan mengambil tema wayang sasak. para juri dalam lomba ini terdiri dari budayawan, akademisi, dan dinas. Dari hasil presentasi masing-masing kelompok yang merupakan perwakilan dari sekolah mereka, maka dewan juri menetapkan pemenang dari lomba karya tulis ilmiah populer ini, yaitu juara pertama SMA Negeri 1 Gangga, juara kedua SMA Negeri 1 Bayan, juara ketiga SMA Negeri 1 Tanggung, dan juara harapan satu SMK Negeri 1 Tanggung. Hadiah bagi para pemenang diserhakan langsung oleh Sekretaris Dinas Kabupaten Lombok Utara, Kepala BPNB Bali, NTB, NTT dan Kabid. Kebudayaan Lombok Utara.