Gebyar Merah Putih, Semangat Untuk Negeri

0
814

Banda Aceh– Selasa (18/08), Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Aceh bekerja sama dengan TVRI Aceh kembali menyelenggarakan pertunjukan secara virtual yang bertajuk Gebyar Merah Putih “Semangat untuk Negeri”. Acara yang diselenggarakan dalam rangka memperingati 75 tahun kemerdekaan Indonesia ini digelar pada hari Selasa, 18 Agustus 2020, disiarkan langsung mulai pukul 16.00 s.d. 17.00 WIB melalui siaran TVRI Aceh dan kanal youtube BPNB Aceh. Acara ini menampilkan penyanyi asal Aceh, antara lain: Cut Zuhra, Joel Pasee, dan Cut Dhea, dan turut dimeriahkan dengan penampilan drummer cilik Aceh Pasha Aulia, pertunjukan tari seudati oleh komunitas Saleum, dan persembahan paduan suara dari SMA 4 Banda Aceh.

Kepala BPNB Aceh, Irini Dewi Wanti, S.S., M.SP. menyatakan, acara Gebyar Merah Putih “Semangat untuk Negeri” ini dilaksanakan untuk menyatukan semangat menyongsong Indonesia bahagia melalui seni. Ia juga mengajak seluruh musisi dan seniman untuk sama-sama mengisi kemerdekaan ini dengan tetap semangat berkarya untuk Indonesia Bahagia. “Kegiatan ini selain sebagai upaya mempertahankan kreativitas di masa pandemi, juga menumbuhkan kebiasaankebiasaan baru yaitu menyelaraskan konsep tradisi dengan teknologi”, tutur Irini.

Direktur Perfilman, musik dan media baru Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ahmad Mahendra menyampaikan apresiasinya kepada BPNB Aceh yang telah menyelenggarakan pertunjukan ini. “Kita mengapresiasi apa yang dilakukan oleh para seniman dan musisi di daerah dengan memberi ruang kreativitas, walaupun pada masa pemdemi ini. Caranya dengan konsep virtual namun dikemas dalam tontonan yang menarik, menghibur dan tetap berbasis pada pelestarian khasanah budaya dan perkembangannya di era teknologi”, ungkapnya.

Gebyar Merah Putih “Semangat untuk Negeri” merupakan persembahan kedua kalinya dari BPNB Aceh selama masa pandemi sebagai wadah ekspresi musisi dan seniman di Aceh, setelah sebelumnya hadir melalui konser musik Aceh “Suara Dari Ujung Barat” pada bulan Juli lalu. BPNB Aceh juga telah mempersiapkan hadiah spesial untuk para pemirsa yang menyaksikan acara ini melalui kanal youtube BPNB Aceh. 3 orang terpilih yang memberikan ucapan terbaik dan terunik untuk HUT RI ke-75 di Live Chat Youtube BPNB Aceh akan mendapatkan hadiah tersebut dan pemenangnya akan diumumkan di akhir acara nanti.

Artikel: Kodrat Adami
Foto: Angga