FESTIVAL PERMAINAN TRADISIONAL ANAK 2018 RESMI DIBUKA

0
2142

Festival Permainan Tradisional Anak (FPTA) 2018 secara resmi telah dibuka pagi ini, tepat pada pukul 09.00 WIB oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh, Dr. Saminan Ismail, M.Pd. Sedianya kegiatan rutin Balai Pelestarian Nilai Budaya Aceh (BPNB Aceh) ini akan dibuka langsung oleh Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman, S.E., Ak., M.M., dan telah terkonfirmasi dua hari sebelum hari H pelaksanaan ajang FPTA 2018.

Pada sambutan sekaligus pembukaan ajang FPTA 2018 Kadisdikbud Kota Banda Aceh menyampaikan permohonan maaf dari Walikota Banda Aceh, dikarenakan beliau ada agenda penting dan mendadak yang tidak bisa diwakilkan kepada SKPD, maka beliau mengutus Kadisdikbud Kota Banda Aceh untuk membuka ajang FPTA kali ini. Sebagaimana diketahui bahwa pada tahun-tahun sebelumya adalah Walikota Banda Aceh yang membuka ajang FPTA secara langsung.

Untuk lebih jelas bisa dilihat: https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpnbaceh/permainan-anak-zaman/ dan https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpnbaceh/festival-permainan-tradisional-anak-fpta-tahun-2017/

Pembukaan ajang FPTA 2018 diawali dengan pembukaan dari protokol kemudian dilanjut dengan persembahan Tari Peumulia Jamee; pembacaan ayat suci Al-Quran; menyanyikan lagu Indonesia Raya; laporan dari Kepala BPNB Aceh, Irini Dewi Wanti, SS., MSP.; persembahan Tari Keuneubah yang bercerita tentang keceriaan anak-anak yang sedang memainkan permainan tradisional; kemudian dilanjut dengan pidato Walikota Banda Aceh yang dibacakan oleh Kadisdikbud. Kota Banda Aceh sekaligus membuka ajang FPTA 2018; kemudian ditutup dengan doa bersama.

Untuk melihat seremoni pembukaan ajang FPTA 2018 silahkan buka:  https://www.facebook.com/sobat.budaya.31/videos/185894815630995/

Selesai seremoni pembukaan, secara simbolik Kadisdikbud. Kota Banda Aceh didampingi Kepala BPNB Aceh melepas bendera start pada cabang permainan Hadang putra. Menandakan 1100 anak-anak peserta FPTA 2018 yang berasal dari 18 Gugus SD resmi berlaga demi memperebutkan tropi dan hadiah total Rp 49.600.000,00.

Ditambah dengan cuaca Kota Banda Aceh yang sangat cerah, semakin menambah keceriaan seribuan anak-anak yang melebur di tengah-tengah arena lapangan Blang Padang. Semangat anak-anak kami! Semangat Juri! Dan Semangat Panitia! Jangan Kasih Kendor!

Artikel: Miftah Nasution

Foto: Kodrat Adami