Serah terima kelola objek Cagar Budaya Kompleks Istana Mini di Pulau Neira, Kecamatan Banda

0
55

Serah terima kelola objek Cagar Budaya Kompleks Istana Mini di Pulau Neira, Kecamatan Banda (Selasa, 23 Juli 2024)

Siapa yang tidak mengetahui Objek Cagar Budaya Istana Mini, siapa yang sudah menginjakan kaki di Tanah Banda pasti tidak asing dengan nama ini. Istana Mini merupakan kompleks bangunan yang dahulu dipergunakan untuk kantor pemerintahan sekaligus rumah dinas Residen Banda seperti Controleur atau pemimpin distrik pada masa VOC di Pulau Neira, Kecamatan Banda.

Selasa, 23 Juli 2024 lalu, bertempat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku, dilaksanakan serah kelola objek Cagar Budaya Kompleks Istana Mini. Prosesi ini disimbolkan dengan penandatangan dokumen serah terima, pemberian berkas, laporan dan kunci sebagai hasil kerja rehabilitasi yang dilakukan Kementerian PUPR.

Penandatanganan Dokumen Serah Terima Kelola
Penyerahan dokumen, laporan dan kunci serah terima kelola Cagar Budaya Istana Mini
Diskusi perencanaan pengelolaan CB di Kecamatan Banda

Penandatangan ini dilakukan oleh Ir. Reza Rizka Pratama, S.T. selaku Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Maluku dan Dr. Ir. Insun Sangadji, M.Si sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku. Simbolisasi ini sekaligus menyiratkan penyerahan pertanggungjawaban pengelolaan Cagar Budaya Istana Mini kepada Provinis Maluku, setelah upaya rehabilitasi cagar budaya yang telah dilakukan. Proses ini disaksikan Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XX, Bapak Dody Wiranto, S.S. M.Hum yang turut hadir pada prosesi ini. Momen penting ini juga dihadiri para staf dari ketiga instansi.

Semoga upaya-upaya pelindungan, pemanfaatan dan pengembangan cagar budaya di Provinsi Maluku terus mendapat dukungan dari semua pihak.