Sosialisasi PPKD dan TACB di Kabupaten Maluku Tengah

0
76
Foto Bersama Sosialisasi PPKD dan TACB di Kabupaten Maluku Tengah

Balai Pelestarian Kebudayaan (BPK) Wilayah XX melaksanakan kegiatan Sosialisasi Penyusunan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) dan Pembentukan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) di Kabupaten Maluku Tengah (Masohi, 7 Mei 2024)

Kegiatan Sosialisasi Penyusunan PPKD dan Pembentukan TACB di Kabupaten Maluku Tengah ini dilakukan dalam upaya untuk percepatan pemajuan dan pembangunan kebudayaan di Kab. Maluku Tengah melalui pembentukan tim penyusunan PPKD dan pembentukan TACB Kab. Maluku Tengah, sesuai dengan amanat Undang-Undang No 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya dan Undang-Undang No 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

Bapak Stenli R. Loupatty, S.Pd., selaku Kepala Subbagian Umum (Kasubbag) BPK Wilayah XX memiliki optimisme yang tinggi terhadap kepada Pemerintah Kab. Maluku Tengah dalam upaya pemajuan kebudayaan ke depan dan berharap dengan kegiatan sosialisasi ini dapat memantik semangat Pemerintah Daerah Kab. Maluku Tengah dalam penyusunan PPKD.Bapak M. Bahrun Kalauw, S.Pd., selaku Asisten III Sekretaris Daerah Kab. Maluku Tengah menyambut baik kegiatan sosialisasi PPKD ini, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat memfasilitasi dalam penyusunan dokumen PPKD secara stategis untuk pemajuaan kebudayaan di Kab. Maluku Tengah.
Kegiatan ini turut menghadirkan narasumber Bapak Stenli R. Loupatty, S.Pd. (Kasubbag Umum BPK Wilayah XX), Bapak Dr. Paulus Koritelu, M.Si. (Ketua TACB Provinsi Maluku) dan Bapak Wildan Herdiansyah (Sesditjen Kebudayan) serta dihadiri oleh Bapak M. Bahrun Kalauw, S.Pd. (Asisten III Sekretaris Daerah Kab. Maluku Tengah), Bapak Lutfi Tuharea, (Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kab. Maluku Tengah), Bapak Husein Mukadar (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Maluku Tengah), dan peserta tim penyusunan PPKD Kab. Maluku Tengah.

Kegiatan sosialisasi ini juga disertai sesi diskusi dan tanya jawab terkait penyusunan PPKD,  pembentukan Tim TACB, permasalahannya dan rencana penyelesaiannya. Para peserta sosialisasi sangat aktif dan antusias pada sesi diskuni ini. Dari hasil kegiatan ini didapatkan kesimpulan akan segera disusun Dokumen PPKD dan TACB di Kabupaten Maluku Tengah