Kegiatan Pemetaan dan Penggambaran Situs Lasem

0
1264

Gresik-Situs Lasem berada di Dusun Lasem, Desa Lasem Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Kegiatan ini dilakukan oleh Tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur dan berlangsung mulai tanggal 5 sampai dengan 16 Maret 2020. Kegiatan ini bertujuan untuk mengumpulkan, mengolah, memproses dan menyajikan data dalam bentuk peta baik yang bentuk manual maupun digital.

Persiapan Penggambaran

Data tersebut akan bermanfaat bagi pelestarian cagar budaya baik untuk kegiatan pemugaran, pengamanan dan penyelamatan, zonasi, pemeliharaan maupun untuk pemanfaatan dan pengembamgan cagar budaya. Demikian juga untuk penggambaran bertujuan untuk menyampaikan informasi kondisi eksisting yang bermanfaat sebagai data acuan terutama untuk rencana pekerjaan pemugaran maupun rancangan pegembangan.

Kegiatan Pemetaan
Wawancara dengan warga setempat

Potensi sumberdaya arkeologi di Situs Lasem berupa struktur pagar berbahan batu putih dengan relief yang menggambarkan kisah pewayangan dengan tokoh-tokoh dipahat dalam bentuk wayang kulit. Relief ini dipahatkan pada bidang dinding pagar komplek masjid sisi utara sepanjang 17.28 meter, dipahatkan pada sisi luar maupun di sisi dalam.

Relief pada dinding pagar sisi utara

Relief tersebut mempunyai keunikan dan langka yang sangat jarang ditemukan pada obyek-obyek cagar budaya di Jawa Timur. Sehingga bentuk relief tersebut mempunyai nilai penting di bidang agama, kebudayaan, pendidikan dan ilmu pengetahuan. Relief ini menambah khasanah bagi karakter cagar budaya di Jawa Timur yang harus dilestarikan.

Relief pada dinding pagar sisi utara

Potensi sumberdaya arkeologi lainnya di Situs Lasem adalah gapura masuk komplek masjid, struktur masjid, pagar komplek masjid, serta pagar-pagar lainnya yang mengelilingi makam-makam kuna yang ada di situs ini. Hal tersebut dapat menjadi data bagi perkembangan masa Islam di Jawa Timur dan menjadi data bagi proses akulturasi kebudayaan di Jawa Timur terutama dalam bidang religi. (NonukKristiana)

Koordinasi dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Gresik