Stand Museum Sumpah Pemuda dalam Pameran Chaitra Majapahit 2019

0
793

Trowulan-Dalam kegiatan Pameran Chaitra Majapahit Jawa Timur 2019 ini, Stand Museum Sumpah Pemuda dalam Pameran Chaitra Majapahit ini mengusung tema tentang Moh. Yamin dan Majapahit dengan menampilkan tentang profil Mohammad Yamin, Kisah Patih Gajah Mada, Amukti Palapa, serta penjelasan tentang Sumpah Pemuda.

Stand didesain dengan gambaran atau profil para tokoh, materi pemeran yang disajikan dan dipublikasikan oleh Museum Sumpah Pemuda diantaranya adalah Profil Mohammad Yamin serta riwayat pendidikannya, penjelasan tentang wilayah NKRI, Bendera dan Lambang Negara, dan masih banyak lagi. Mohammad Yamin merupakan salah satu perintis puisi modern Indonesia dan pelopor Sumpah Pemuda sekaligus “Pencipta imaji keindonesiaan” yang mempengaruhi sejarah persatuan Indonesia. Maka dari itu generasi muda milenial saat ini harus tahu betapa pentingnya mempelajari dan memahami tentang sejarah serta para pahlawan nasional Indonesia yang telah banyak berkorban untuk Negara Indonesia ini salah satunya Mohammad Yamin dan Gajah Mada.

Tampak terlihat pengunjung pameran baik guru maupun siswa dari berbagai daerah di Jawa Timur serta rombongan sekolah atau masyarakat umum. Beberapa siswa bersama dengan guru pendamping sekolah mereka tak segan bertanya kepada penjaga stand pameran untuk memperjelas dan memahami materi pameran yang dipaparkan.

Menurut Usi selaku preparator, generasi muda milenial harus tahu sejarah para tokoh nasional Indonesia serta menghargai perjuangan mereka. Dengan adanya pameran Kesejarahan dalam Pameran Chaitra Majapahit Jawa Timur semoga dapat menambah wawasan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Sejarah Bangsa Indonesia bagi para peserta didik serta masyarakat umum lainnya.(RomoWiduro)

Tata ruang (Foto: Fauzi)
Pengunjung stand (Foto: Fauzi)