Pojok Permainan Edukasi Kids Corner, Menjadi Favorit di Museum Majapahit

0
1418

Dunia anak adalah dunia yang mengedepankan suasana kegembiraan dan kesenangan dalam segala hal, termasuk dalam pembelajaran sejarah dan kebudayaan. Ketika anak menunjukkan ketertarikan pada sesuatu yang menyenangkan bagi dirinya, maka kita dapat memberitahu, menfasilitasi, membimbing dan mengarahkannya sehingga lambat laun timbul rasa ingin tahu, rasa menyenangi, dan mencintainya.

Untuk meningkatkan informasi pengetahuan dan apresiasi masyarakat khususnya anak – anak usia dini dan generasi muda terhadap museum, perlu dilakukan upaya, salah satunya melalui “Pojok kreatifitas Anak (Kidz Corner) Museum Majapahit“ Kegiatan ini menyediakan berbagai kegiatan dan permainan anak berbasis edukasi dan kebudayaan. Tujuannya adalah mengenalkan budaya/ koleksi yang ada di Museum Majapahit. Khususnya kepada generasi muda yang diharapkan mencintai hasil kebudayaan bangsa, membangkitkan minat siswa atau pelajar, generasi muda serta masyarakat untuk mengunjungi Museum Majapahit, menciptakan daya apresiasi siswa sebagai wujud nyata dalam upaya melestarikan kebudayaan bangsa.

Ada beberapa kreatifitas yang dapat diikuti oleh pengunjung dalam kegiatan ini sebagai berikut :
1. Papan informasi pengetahuan umum

Kegiatan ini bisa menambah wawasan para pengunjung selain pengetahuan sejarah juga dapat memperoleh pengetahuan umum.

2. Pojok baca
Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan legenda, mitos, dan cerita rakyat dan cerita yang lain , karena merupakan bagian dari kebudayaan, karena dengan membaca bukumaka daya imajinasi anak – anak dapat terlatih.

3. Mewarnai
Kegiatan mewarnai di pojok kreatifitas anak dapat dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan ketrampilan anak melalui warna warna crayon yang diaplikasikan pada media yang telah disediakan.

4. Permainan masa kini
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan variasi pada bentuk permainan tradisional sehingga dapat menciptakan suasana kunjungan ke museum lebih menarik dan disinkronkan dengan kekinian.

5. Permainan tradisional

Kegiatan ini bertujuanuntuk memberikan pengetahuan pada pengunjung bahwa banyak permainan tradisional yang perlu untuk dikenalkan pada anak .(un)

Sumber: Subpokja Edukasi, Museum Majapahit