Sosialisasi Cagar Budaya dan Aspek-aspek Kepurbakalaan

0
697
Kepala Unit Kerja Dokumentasi dan Publikasi BPCB DIY, Ign. Eka Hadiyanta memaparkan materi tentang pelestarian cagar budaya kepada peserta sosialisasi cagar budaya

     Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta terus melakukan penyuluhan tentang potensi cagar budaya yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta beserta arti penting pelestariannya kepada masyarakat. Pada hari Rabu (22/2), bertempat di Bale Langit, Dusun Karang Wetan, Desa Salam Rejo, Sentolo, Kulon Progo, Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan Sosialisasi Cagar Budaya dan Aspek-aspek Kepurbakalaan yang diikuti oleh 80 orang warga Desa Salam Rejo.

        Adapun dalam sosialisasi ini yang bertindak sebagai narasumber yakni Kepala Unit Kerja Dokumentasi dan Publikasi BPCB DIY, Ignatius Eka Hadiyanta dan Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo, Untung Waluyo. Kedua narasumber tersebut memaparkan materi tentang pentingnya pelestarian cagar budaya.

         Tujuan diselenggarakannya kegiatan sosialisasi yaitu untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap cagar budaya beserta nilai-nilai penting yang terkandung di dalamnya, dan berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk melestarikan keberadaannya. Diharapkan pasca sosialisasi ini, masyarakat Desa Salam Rejo, Sentolo, Kulon Progo dapat menjadi insan budaya yang memiliki kesadaran untuk merawat warisan budaya bangsa dengan berpartisipasi secara aktif dalam melestarikan cagar budaya. (Ferry A.)

 

TINGGALKAN KOMENTAR