Rumah Tinggal Yohanes Sugiyanto

0
249
Rumah Tinggal Yohanes Sugiyanto berada di Ngrenak Kidul, Sidomulyo, Godean, Sleman.

      Rumah tradisional milik Yohanes Sugiyanto terletak di Ngernak Kidul, Sidomulyo, Godean, Sleman. Rumah tersebut dahulu milik Harjo Suparto beliau seorang mandor tebu (sinder). Kemudian setelah Harjo Suparto meninggal rumah tersebut diwariskan kepada salah satu puteranya yang bernama Yohanes  Sugiyarto.

     Rumah tersebut menghadap ke selatan. Pembagian ruang yang tampak sekarang terdiri dari pendopo, dalem, kamar tidur dan dapur. Pendopo beratap joglo ditopang struktur kayu tumpang sari dan empat saka guru (tiang) dengan alas berupa umpak batu. Bagian atas atap atau wuwungan terdapat ornamen/ hiasan tanduk atap dari bahan seng yang sering ditemukan pada rumah-rumah tradisional jawa disebut bungkak. Bagian pendopo ditutup dengan dinding dari papa. Dahulu dinding terbuat dari gedeg/ anyaman bambu.

      Pada tahun 2017 Rumah Tinggal Yohanes Sugiyanto merupakan salah satu dari sepuluh bangunan  dan struktur cagar budaya yang mendapat penghargaan Kompensasi Pelindungan Cagar Budaya 2017 dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta. Penghargaan tersebut diberikan kepada bangunan dan struktur Cagar Budaya yang pemilik/ pengelolanya memiliki komitmen yang tinggi terhadap pelestarian Cagar Budaya. (Tim Penilai Cagar Budaya BPCB DIY).

TINGGALKAN KOMENTAR