Rumah Sakit Jiwa Grhsia

0
427
Situasi bangunan aula

     Rumah Sakit Jiwa Grhsia ini didirikan  pada 1938 dan dikenal sebagai Rumah Perawatan atau Koloni Orang Sakit Jiwa (KOSJ) Lali Jiwo Pakem di bawah pengawasan Rumah Sakit Jiwa Pusat Kramat Magelang, sehingga KOSJ Lali Jiwo lebih dikenal dengan sebutan Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Lali Jiwo Pakem. Dalam perkembangannya KOSJ Lali Jiwo tidak hanya sebagai rumah perawatan saja akan tetapi sebagai tempat pengobatan di bawah pengawasan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada.

Situasi water toren

     Pada tahun 1989 bersamaan dengan perubahan kelas rumah sakit dari tipe B ke tipe A oleh Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, RSJ Lali Jiwo berganti nama menjadi RSJD Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada tahun 2003 RSJD Daerah Istimewa Yogyakarta berubah nama menjadi Rumah Sakit Grhasia Daerah Istimewa Yogyakarta.

     Bangunan lama yang saat ini masih tersisa adalah empat buah bangunan  lama, satu buah aula yang semuanya bergaya indis, dua buah doorlop, dan satu bak penampung air lama. Bangunan berdinding bata kombinasi dengan batu kali. Pintu dan jendela terbuat dari kayu dan kaca yang lebar.

Detail kuda-kuda bangunan aula
Detail lorong RS Ghrasia

Tinggalkan balasan