Monumen Bibis

0
81

     Desa Bibis dipilih menjadi markas karena lokasinya yang berbukit sehingga mudah untuk melakukan persembunyian. Pimpinan pasukan Brigade X Divisi III, Letkol Soeharto beserta stafnya tinggal di rumah kepala dukuh yang bernama Harjowiyadi. Rumah tersebut juga dijadikan sebagai markas. Di rumah tersebut, Letkol Soeharto beserta pasukannya mengatur strategi perang gerilya melawan tentara Belanda.

     Selama lima bulan berada di Desa Bibis, pasukan Brigade X Divisi III mendapatkan bantuan dari masyarakat berupa bahan makanan dan tambahan pasukan dari warga sekitar. Masyarakat Desa Bibis melakukan hal tersebut karena mengikuti anjuran Jenderal Soedirman agar masyarakat ikut membantu TNI. Dalam perjalanannya, Brigade X Divisi III merupakan salah satu pasukan yang ikut menyerang Kota Yogyakarta pada Serangan Umum 1 Maret 1949.

    Bangunan pendopo di dalam Monumen Bibis berbentuk rumah joglo. Bangunan tersebut masih mempunyai tata ruang lengkap yang terdiri dari emper, dalem, dan gandok. Atap bangunan terbuat dari genting. Plafonnya terbuat dari anyaman bambu. Dinding bangunan terbuat dari anyaman bambu (gedheg).

      Bagian lantai pada awalnya berupa pasangan batu berbentuk persegi yang dihaluskan, kemudian diganti dengan tegel pc berukuran 20 cm x 20 cm. Di dalam bangunan, tersimpan beberapa benda yang dahulu digunakan oleh Letkol Soeharto dan pasukan Brigade X Divisi III, yakni meja, kursi, peralatan makan, minum, mesin tik manual, sepeda ontel, dan arsip-arsip foto.

      Bangunan lain yang terdapat di monumen ini adalah bangunan pringgitan. Bangunan ini mempunyai dinding yang terbuat dari bata. Lantai bangunan tersebut terbuat dari tegel pc berukuran 20 x 20 cm. Di bagian belakang monumen, terdapat bangunan lain yang berbentuk joglo.

     Pintu bangunan tersebut terbuat dari kayu dengan model kupu tarung. Sama seperti dua bangunan lain, lantai pada bangunan ini terbuat dari tegel pc berukuran 20 x 20 cm. Bangunan joglo ini merupakan bangunan baru yang dibangun pada akhir dekade 1970-an. Di dalamnya berisi diorama yang menggambarkan peristiwa yang terjadi di monumen ini. Bangunan ini ditetapkan sebagai cagar budaya dengan Per.Men Budpar RI No. PM.89/PW.007/MKP/2011. Monumen Bibis terletak di Bibis, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul.

TINGGALKAN KOMENTAR