Kearifan Teknologi Bangunan Candi

Judul                    : Kearifan Teknologi Bangunan Candi

Edisi                    : Edisi Cetakan Tahun 2018

Penerbit               : Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta

Unduh                 : Kearifan Teknologi Bangunan Candi

 

     Buku Kearifan Teknologi Bangunan Candi ini mengulas tentang segala hal yang terkait dengan Candi Perwara deret I No 43 dan Candi Perwara deret II No. 35 di Kompleks Candi Prambanan. Kedua candi tersebut telah dipugar oleh Balai Yogyakarta pada 2015 dan 2017. Pemugaran dilakukan secara total, serta melalui berbagai penelitian yang mendalam, sehingga diperoleh data yang lengkap tentang proses pemugaran candi tersebut.

     Buku ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat luas tentang kearifan nenek moyang dalam membuat candi, khususnya tentang pembuatan struktur bangunan yang telah mempertimbangkan kondisi lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, pembangunan suatu candi bukan semata-mata menggunakan pertimbangan spiritual saja, namun juga sudah menunjukkan penguasaan teknologi tinggi oleh nenek moyang yang diterapkan pada bangunan-bangunan tersebut.

     Pada masa dahulu nenek moyang telah melakukan rekayasa lahan, penghitungan kekuatan fondasi serta sistem kaitan antarbatuan mulai dari kaki, tubuh, hingga atap candi. Oleh karena itu, maka diharapkan masyarakat dapat mempelajari ilmu pengetahuan yang telah diwariskan oleh nenek moyang, dan dikembangkan untuk kepentingan di masa datang.

Tinggalkan balasan