Candi Risan terletak di Desa Candirejo, Kapanewon Semin, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi candi ini di perbukitan yang termasuk dalam zona Pegunungan Selatan, dengan batuan penyusunnya adalah satuan batuan tufa dan alluvial. Letak astronomis Candi Risan berada pada koordinat  07°49’40,8” lintang selatan dan 110°45’17,9” bujur timur. Candi ini berada pada ketinggian 136 meter di atas permukaan air laut (mdpl). Luas area candi ini adalah 2000 m2. Area tersebut meliputi dua bangunan berdenah persegi dan komponen bangunan yang ada di sekitar bangunan.

     Keberadaan Candi Risan telah terdaftar dalam catatan Belanda tahun 1915 dengan nomor inventaris 1269. Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala (SPSP) —sekarang Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) — Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat candi ini pada saat melakukan kegiatan Inventarisasi Kepurbakalaan di Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul pada tahun 1985. Catatan tersebut kembali diperbarui pada saat kegiatan  Her-Inventarisasi Benda Cagar Budaya di Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul tahun 2009.

Situasi Candi Risan dan Arca Buddha Avalokitesvara  (Foto: Dok. BPCB DIY.2012)

     Candi Risan terdiri atas dua buah candi yang berderet dari utara ke selatan. Candi Risan terbuat dari batu putih (tufa). Candi I berukuran 13 m x 13 m, sedangkan Candi II  berukuran 11, 5 m x 11,5 m. Candi Risan menghadap ke barat, hal ini berdasarkan temuan tangga pada sisi barat candi.

     Candi Risan diduga berasal dari masa Mataram Kuno, yaitu sekitar abad 9-10 M. Bentuk utuh dari candi ini belum diketahui karena bagian atasnya sudah tidak ada lagi. Ditemukannya arca Buddha Avalokitesvara di candi menunjukkan bahwa latar belakang keagamaan Candi Risan adalah Buddha.

Leave a Reply