BPCB DIY Gelar Workshop Videografi Cagar Budaya bagi Pelajar

0
272

    Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta (BPCB DIY) memberikan pelatihan pembuatan video pendokumentasian Cagar Budaya kepada pelajar tingkat SMA, SMK, dan MA di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta dalam kegiatan Workshop Videografi Cagar Budaya bagi Pelajar pada Sabtu dan Minggu, 15 -16 September 2018 di SMA Negeri 1 Pengasih, Kulon Progo dan Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta.

     Kegiatan workshop diisi dengan pembekalan materi tentang Cagar Budaya dan Videografi yang disampaikan oleh dua narasumber dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta. Kepala Unit Dokumentasi dan Publikasi BPCB DIY, Sri Muryantini Romawati, berbagi pengetahuan mengenai Cagar Budaya kepada peserta. Selain itu, arkeolog BPCB DIY tersebut juga memaparkan potensi dan dinamika perkembangan Cagar Budaya yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

     Kiat-kiat pembuatan video pendokumentasian Cagar Budaya disampaikan oleh Penyusun Dokumentasi dan Publikasi BPCB DIY, Dedy Hariansyah. Ia menjelaskan kepada peserta bagaimana teknik mengambil video yang hasilnya enak dinikmati, dan mengandung pesan yang mudah ditangkap penonton. Terutama pesan tentang pentingnya pelestarian Cagar Budaya.

       Setelah menerima bekal materi dari narasumber, peserta kemudian melakukan ekskursi praktik pembuatan video dengan sasaran objek yaitu Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Masing-masing kelompok membuat video dengan angle yang berbeda, antara satu dengan yang lainnya. Hal tersebut bertujuan agar hasil kreativitas peserta dalam membuat video bervariasi. Meski objek yang menjadi sasaran  pendokumentasian sama, namun disajikan dalam visualisasi yang berbeda. (Ferry A.)

 

 

 

 

 

Tinggalkan balasan