Waisak Nasional di Candi Muara Takus

0
208

Untuk pertama kalinya Perayaan Waisak Nasional diadakan di Candi Muara Takus, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar,  Provinsi Riau. Perayaan ini juga menjadi ajang silaturrahim bagi umat Budha se-Indonesia. Tak kurang dari 3000 umat mengikuti perayaan waisak yang berlangsung pada Sabtu, 25 Mei 2019. Tak hanya berasal dari Provinsi Riau Umat Budha yang hadir juga berasal dari luar Provinsi dan ada juga yang berasal dari luar negeri seperti Malaysia dan Thailand.

Perayaan Waisak Nasional di Candi Muara Takus ini juga menunjukan bahwa ada potensi pemnfaatan yang besar pada Candi Muara Takus sebagai Cagar Budaya berlatar belakang Budha. Kedepannya candi Muara Takus. Dengan adanya gelaran ini dapat meningkatkan eksistensinya secara berkesinambungan di lingkungan nasional dan dapat menjadi salah satu warisan dunia.

Perayaan Waisak diawali dengan melakukan pradaksina atau mengitari Candi Muara Takus oleh 80 biksu yang membawa api suci dan diikuti oleh seluruh umat Budha yang hadir. Akhir dari gelaran ini adalah pelepasan lebih dari 2000 lampion ke langit Muara takus. Perayaan Waisak ini juga merupakan rangkaian dari acara Festival Muara Takus.

TINGGALKAN KOMENTAR