Rumah Dt. Laksamana Raja Di Laut

1
413

Rumah  ini merupakan   peninggalan  Datuk  Laksamana Raja  di Laut  ke-4  (1908-1928)  atau   Encik Ali   Akbar  yang meninggal tahun 1955. Rumah ini terletak di Jalan Ahmad Yani di dekat Gedung Daerah Dt. Laksamana Raja di Laut.

Rumah ini berdenah  empat  persegi dengan ukuran 17  x 17  m.  Tembok rumah  ini berbahan   semen,  sedangkan  atap rumah   memakai  genting  semen.   Di bagian  depan   terdapat beranda,  sedangkan  di bagina dalam terdapat ruang tamu yang luas dan kamar-kamar (lihat denah). Rumah  ini sekarang  dihuni oleh Dt. Muhammad  Jamil Idris. Datuk  ini merupakan   keturunan   ke-8  dari  Dt.  Bandar Bengkalis.

Rumah Dt. Laksamana Raja Di Laut ini berada di jl. Ahmad yani yang ber arsitektur belanda dapat dilihat dari jendela jendela dan pintu yang besar dan memiliki luas bangunan 17 x 17 m dan luas lahan 21 x 50 m. Rumah Dt. Laksamana Raja Di Laut menggunakan tembok yang terbuat dari semen dan  atap yang terbuat dari genteng dan cat bangunan yang berwarna biru dan putih ke biru biruan.

1 KOMENTAR

  1. Yg di Bengkalis ini bkn rmh Dt. Laksamana, melainkan rmh Dt. Idris. Anak dari Dt. Laksamana Ali Akbar.

TINGGALKAN KOMENTAR