Kawasan Camp. Pengungsi Vietnam Kota Batam

0
522

Pada tahun 1979, kampung ini dijadikan tempat pengungsian oleh ratusan ribu warga Vietnam akibat perang saudara di negaranya. Warga Vietnam yang sedang dilanda perang tersebut akhirnya harus rela mengarungi lautan yang luas demi menyelamtkan diri dari perang saudara tersebut. Hingga akhirnya mereka terdampar di suatu pulau di wilayah Indonesia, yaitu Pulau Galang ini.

Berdasarkan persetujuan dari pemerintah Indonesia, akhirnya ratusan ribu pengungsi tersebut diijinkan mentep di kawasan Pulau Balang. Mereka diberikan sarana dan prasarana guna menunjang kehidupan mereka. Mereka hidup dan tumbuh di sebuah kampung yang saat ini diberi nama Kampung Vietnam. Hingga pada tahun 1996, sedikit demi sedikit warga Vietnam tersebut dipulangkan ke negara asalnya. Dengan dipulangkannya seluruh warga Vietnam ini meninggalkan lahan kosong di kampung ini.

Kawasan ini merupakan salah satu kawasan yang lengkap untuk hunian sementara, baik dari kelengkapan tempat tinggal, pendidikan, ekonomi, maupun peribadatan, kelengkapan ini cukup untuk puluhan tahun lama hunian. Karna terletak di tapi pantai hingga kawasan hunian ini diciptakan untuk beberapa kali singgah suatu komunitas hunian.

TINGGALKAN KOMENTAR