Pembangunan jembatan kereta api pada prinsipnya merupakan pendukungan jalur kereta api Padang-Solok-Sawahlunto. Diperkirakan jembatan ini dibangun sejalan dengan pembangunan stasiun kereta api Padang Panjang-Solok. Padang Panjang – Solok 53 Km selesai pada 1 Juli 1892[1].

Jembatan ini melintasi jalur Lembah Anai dengan kontur berbukit, melintasi sungai  dan berbelok-belok.  Berdasarkan keletakannya, jalur rel berada pada lintas Padang-Padang Panjang-Solok. Jembatan ini menghubungkan antar bukit serta melintasi sungai/Batang Anai. jembatan ini secara keseluruhan berkontruksi baja (logam). Bangunan jembatan pada bagian bawah berbentuk setengah lingkaran sebagai penampang. Jembatan memiliki panjang 85 m, tinggi 14,75 m serta lebar 5 m (pada bagian bawah).

[1] Sumatera Railways. 13 Januari 2016. “Sejarah Perkeretaapian Sumatera Barat” (online). http://sumaterarailways.blogspot.co.id. diakses tanggal 25 september 2017.