Ujian Dinas dan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah

0
119

Dalam rangka memenuhi salah satu persyaratan Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil di Balai Pelestarian Cagar Budaya Sulawesi Selatan, maka perlu dilaksanakan Ujian Dinas dan Ujian Kenaikan Pangkat Penyesuaian Ijazah.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2002 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat PNS dan Peraturan Kepala BKN Nomor 12 Tahun 2002 tentang Kenaikan Pangkat PNS, persyaratan administratif untuk mengikuti Ujian Dinas adalah:

  1. Sekurang-kurangnya telah 2 (dua) tahun dalam pangkat terakhir golongan ruang II/d (untuk Ujian Dinas Tingkat I), dan golongan ruang III/d (untuk Ujian Dinas Tingkat II)
  2. Tidak sedang dalam keadaan:
    a. Diberhentikan sementara dari jabatan ASN
    b. Menjalani hukuman disiplin sedang atau berat
    c. Cuti di luar tanggungan Negara
    d. Menerima uang tunggu
  3. Penilaian Prestasi Kerja Pegawai sekurang-kurangnya bernilai baik untuk semua unsur dalam 2 (dua) tahun terakhir
  4. Mampu mengoperasikan computer
  5. Dilengkapi dokumen pendukung:
    a. Surat usul dari pimpinan unit kerja
    b. Fotokopi SK Kenaikan pangkat terakhir
    c. Fotokopi Penilaian Prestasi Kerja dalam 2 (dua) tahun terakhir
    d. Pasfoto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 3 (tiga)

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2002 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2000 tentang Kenaikan Pangkat PNS dan Peraturan Kepala BKN Nomor 12 Tahun 2002 persyaratan administratif untuk mengikuti ujian penyesuaian kenaikan pangkat adalah:

  1. Sekurang-kurangnya telah 1 tahun dalam pangkat Pengatur Muda Tingkat I golongan ruang II/b untuk calon peserta yang mengajukan kenaikan pangkat pilihan dengan ijazah Sarjana atau Diploma IV;
  2. Sekurang-kurangnya telah 1 (satu) tahun pada pangkat Penata Muda golongan ruang III/a untuk calon peserta yang mengajukan kenaikan pangkat pilihan dengan ijazah Magister (S2);
  3. Sekurang-kurangnya telah 1 (satu) tahun pada pangat terakhir untuk calon peserta yang mengajukan kenaikan pangkat pilihan dengan ijazah SLTA.
  4. Penilaian Prestasi Kerja Pegawai sekurang-kurangnya bernilai baik untuk semua unsur dalam 1 (satu) tahun terakhir.
  5. Akan diangkat dalam jabatan atau diberikan tugas yang memerlukan pengetahuan/keahlian yang sesuai dengan ijazah yang diperoleh, dibuktikan dengan rekomendasi dari pimpinan unit kerja
  6. Ijazah Sarjana/Diploma IV/Magister yang berasal dari Perguruan Tinggi Swasta yang Program Studinya terakreditasi sekurang-kurangnya B pada saat ijazah diterbitkan
  7. Mampu mengoperasikan komputer dan internet
  8. Dilengkapi data pendukung
    a. Surat usul dari pimpinan unit kerja
    b. Fotokopi SK Kenaikan pangkat terakhir
    c. Fotokopi Penilaian Prestasi Kerja dalam 1 (satu) tahun terakhir
    d. Pasfoto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 3 (tiga) lembar
    e. Fotokopi kartu pegawai (karpeg)
    f. otokopi sah ijazah dan transkrip nilai
    g. Fotokopi SK Ijin Belajar
    h. Surat Rekomendasi dari pimpinan unit kerja

Pelaksanaan Ujian Dinas diikuti oleh 2 orang dan Penyesuaian Ijazah 25 orang di BPCB Sulsel pada tahun anggaran 2020, yang dilaksanakan pada tanggal 27-28 Juli di Aula Fort Rotterdam.

TINGGALKAN KOMENTAR