Study Tour SMP Negeri 3 Labakkang, Kabupaten Pangkep

0
149

Makassar. SMP Negeri 3 Labakkang menggelar kunjungan sejarah di Benteng Rotterdam dalam rangka mengaktualisasikan materi pelajaran yang didapat di bangku sekolah sesuai dengan kurikulum 2013 yang menekankan pada metode pembelajaran dengan pendekatan saintifit, Selasa 12/3/2019.

Sebanyak 160 siswa mengikuti kunjungan tersebut yang didampingi oleh beberapa guru dan pemandu dari BPCB Sulsel, yaitu Kamaruddin, Jamaluddin yang akan melakukan kunjungan sejarah dibeberapa lokasi selain Benteng Rotterdam seperti Balla Lompoa, Makam Sultan Hasanuddin,  dan Masjid Tua Katangka.

Dalam melakukan ovservasi dan pengumpulan data dibeberapa lokasi Cagar Budaya  para siswa menyaksikan langsung bukti sejarah yang berasal dari peninggalan Islam, Kolonial,  Tradisional dan Prasejarah.

Salah satu tempat yang dikunjungi adalah Benteng Rotterdam  yang saat ini dikelola oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Sulawesi Selatan, selain sebagai pusat kebudayaan  juga menjadi tempat dalam melakukan riset dan ovservasi dalam melestarikan  cagar budaya

Hj. Siti Mardawiyah, S.Pd, M.Pd selaku kepala sekolah SMK Negeri 3 Labakkang mengatakan bahwa tujuan diadakannya study tour wisata ini agar para siswa  dapat mengetahui  peninggalan sejarah yang merupakan bukti peradaban dan kejayaan bangsa kita dimasa lalu dan melalui kebudayaan kita memperkuat rasa kebangsaan

Pembuat berita: Kamaruddin, S. Sos

TINGGALKAN KOMENTAR