Peringatan Hari Ulang Tahun Purbakala Ke-101 BPCB Makassar

0
674
IMG_2234
Upacara Bendera Memperingati Hari Ulang Tahun Purbakala Ke-101 oleh BPCB Makassar

Peringatan Hari Ulang Tahun Purbakala yang Ke-101 yang dilaksanakan oleh kantor Balai Pelestarian Cagar budaya Makassar, yang diikuti seluruh pegawai yang berada dilingkup wilayah kerja BPCB Makassar.

Dalam pelaksanaan upacara kali ini, Kepala BPCB Makassar membacakan sambutan dari Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman. Sambutan Direktur PCBM yang berisikan sejarah terbentuknya purbakala, yakni lembaga yang mengurusi peninggalan purbakala atau yang sering disebut sebagai Cagar Budaya. Lembaga purbakala yang lahir pada awal tahun 1900-an ini, atau tepatnya pada tanggal 14 juni 1913 dengan nama Oudheidkundige Dienst in Nederlandsch Indie atau Jawatan Purbakala, yang dipimpin oleh seorang kebangsaan Belanda yang bernama N.J. Krom. Lembaga inilah yang kemudian secara sistematis melakukan upaya pelestarian terhadap benda-benda purbakala, yang saat ini kita golongkan sebagai cagar budaya. seabad lebih sudah perjalanan sebuah lembaga, berkali-kali ganti nama tetapi tetap untuk tujuan yang sama, yaitu mempertahankan cagar budaya beserta nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dengan cara melindungi, mengembangkan dan memanfaatkannya.

IMG_2260
Kepala BPCB Makassar Membacakan Sambutan Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Pada Hari Ulang Tahun Purbakala yang ke – 101

Setelah pelaksanaan upacara, rangkai kegiatan HUT Purbakala Ke-101 dilanjutkan dengan kegiatan  pengarahan dari Kepala BPCB Makassar kepada seluruh juru pelihara diwilayah kerja BPCB Makassar (Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat), untuk meningkatkan kinerjanya dalam menjalankan tugas sehari-hari di lokasi situs masing-masing. Acara ditutup dengan ramah tamah bersama unsur pimpinan dan staf BPCB Makassar.