Merica – Si Pedas yang Bermanfaat untuk Otak

0
161

 

 

Merica atau Lada, rempah yang tergolong biji-bijian, menjadi salah satu rempah yang penting dalam hampir setiap masakan.  Seperti yang telah diketahui, merica terdiri dari dua jenis, yaitu putih dan hitam. Lada hitam memiliki aroma dan rasa yang lebih kuat. Lada hitam berasal dari buah yang dipetik ketika setengah masak kemudian dijemur bersama kulitnya, sehingga berwarna hitam. Sedangkan lada putih dipetik ketika sudah masak dan dikupas kulitnya.

Lada dalam masakan biasanya digunakan dalam bentuk bubuk atau ditumbuk bersama rempah lainnya. Rasa yang dihasilkan oleh Lada selain aromanya adalah pedas dan hangat.

Namun, siapa sangka rasa pedas dan hangat yang dihasilkan Lada dapat bermanfaat untuk kesehatan otak. Dengan menghirup aroma Lada, bagian otak yang berfungsi untuk menelan dapat aktif kembali. Selain itu, dengan sering menambahkan Lada hitam pada masakan dapat membantu menurunkan resiko terkena pernyakit Alzhaimer.

Jika Anda sedang sedih, kadar hormon serotonin Anda sedang berkurang. Lada memiliki Piperine, bahan aktif yang membantu otak Anda untuk memproduksi hormon Serotonin.

 

*artikel tentang rempah telah dipublikasikan pada Pameran Jalur Rempah di Negeri Para Raja (Makassar, Oktober 2018)

 

TINGGALKAN KOMENTAR