Kegiatan Ekskavasi di Situs Kantinu Loghiya, Kab. Muna, Sulawesi Tenggara

Kegiatan Ekskavasi di Situs Kantinu Loghiya, Kecamatan Lohia, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara yang dilaksanakan dari tanggal 5 s.d. 16 Agustus 2023. Bertujuan untuk memperoleh data, informasi, dan keterangan untuk pelestarian cagar budaya. Adapun tahapan kegiatan yang dilakukan yaitu, tahap persiapan, pelaksanaan, dan pasca pelaksanaan.

Tahap persiapan seperti pengumpulan data pustaka, pembentukan tim, dan penyelesaian administrasi. Kemudian tahap pelaksanaan berupa koordinasi dengan pihak terkait, pengarahan teknis pelaksanaan kegiatan, penyelesaian peta, sistem grid, elevasi, dan kotak, setelah itu memilih titik-titik kotak, membuat layout, melakukan pencatatan temuan, pemotretan temuan, penggambaran temuan, pengukuran lokasi dan sebaran temuan, plotting titik-titik temuan, mengidentifikasi batas-batas layer/stratigrafi, penanganan temuan, menyusun laporan kelompok dan tim. Lalu mengevaluasi harian, pembersihan dan pengemasan peralatan dan perlengkapan.

Tahap terakhir adalah pasca pelaksanaan dengan menyinkronkan data digital dengan data fisik, lalu merencanakan kegiatan lanjutan yaitu studi teknis, pemugaran, pemagaran dan penataan taman. Tidak lupa untuk mensosialisasikan hasil kegiatan dan penggandaan serta penjilidan laporan.