You are currently viewing Berakhirnya Pekan Cagar Budaya BPCB Maluku Utara

Berakhirnya Pekan Cagar Budaya BPCB Maluku Utara

Pekan Cagar budaya BPCB Maluku Utara yang diselenggarakan sejak tanggal 2 hingga 6 Agustus 2017 ini mengambil lokasi di salah satu tempat yang sangat strategis di Ternate yaitu di dalam Jatiland Mall. Rangkaian acara yang digelar berupa pameran cagar budaya, demo mewarnai komik, lomba mewarnai untuk anak TK, lomba bercerita sejarah untuk anak SD, lomba poster, pemutaran film, kuis interaktif dan jelajah cagar budaya.

Drs. Nuralam memberikan sambutan sekaligus membuka pameran Cagar Budaya di Jatiland Mall

Pameran pada tanggal 2 Agustus dibuka secara resmi oleh Drs. Nuralam, kepala BPCB Maluku Utara dilanjutkan berkeliling melihat stand pameran bersama tamu dan undangan yang hadir, sebelum beliau bertolak ke Morotai untuk menghadiri FGD (Forum Group Discussion) Pelestarian Cagar budaya di kediaman Bupati Morotai. Pameran kali ini diikuti oleh beberapa instansi seperti BPCB Jambi, BPCB Jawa Tengah, BPCB D.I. Yogyakarta, BPCB Sulawesi Selatan, BPCB Gorontalo, Balai Konservasi Borobudur, BPSMP Sangiran, Balai Arkeologi Yogyakarta, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah serta Kantor Bahasa Ternate.

Demo mewarnai komik dilakukan sesaat setelah pembukaan pameran oleh Aswin A. Ilyas, komikus yang aktif di komunitas komik yang bernama kokonate. Penonton yang mayoritas berasal dari anak-anak TK yang akan mengikuti lomba mewarnai dan juga pengunjung mall tampak antusias menyaksikan cara mewarnai komik secara digital. Aswin mampu menarik perhatian anak-anak dengan tokoh fiksi bernuansa lokal yang kental dengan budaya Ternate, yaitu Prajurit Soya-Soya.

Panitia dan Juri berfoto bersama dengan para pemenang lomba mewarnai

Lomba mewarnai diikuti oleh 5 TK di Ternate dengan masing-masing 4 anak yang mewakili tiap sekolah. Anak-anak memang sengaja diharuskan mewarnai Cagar budaya yang dikemas dimenarik mungkin, salah satu cara untuk mulai memperkenalkan Cagar budaya kepada generasi muda dengan cara yang unik. Sedangkan dalam lomba bercerita sejarah, para siswa dibebaskan untuk memilih satu dari tiga Cagar budaya yaitu Benteng Kastela, Benteng Oranje dan Kedaton Kesultanan Ternate. Penutupan pameran sekaligus penutupan pekan cagar budaya dilaksanakan malam hari di tanggal 6 Agustus 2017. Dihadiri langsung oleh Kepala BPCB yang menutup sekaligus memberikan hadiah kepada para pemenang lomba.

Kepala BPCB Maluku Utara didampingi ketua panitia memberikan hadiah sesaat sebelum penutupan pekan cagar budaya

Leave a Reply