Survei Material (Lantai Tegel), dalam rangka rehabilitasi Masijid Sultan Hassanudin Tenggarong, di Kota Balikpapan

0
105

Survei Material (Lantai Tegel), dalam rangka rehabilitasi Masijid Sultan Hassanudin Tenggarong, di Kota Balikpapan.

Survei Material (Lantai Tegel), dalam rangka rehabilitasi Masijid Sultan Hassanudin Tenggarong, di Kota Balikpapan pada tanggal 8 s.d.9 Mei 2019.

Tim melakukan Koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan terkait kegiatan sekaligus mencari informasi lokasi pembuatan tegel/traco nat kaca di sekitar Kota Balikpapan. Berdasarkan informasi yang didapatkan, tim melakukan peninjauan lokasi tempat pembuatan tegel/traco nat kaca yang berada dijalan Jl Gunung Sion. Menurut informasi salah satu pengerajian batako Bpk. Agus dulunya beliau membuat trako nat kaca tetapi sejak tahun 1999 ia sudah tidak memproduksi karena adanya peralihan dari tegel ke lantai berbahan keramik, senada dengan hal itu, salah satu perusahaan pembuat tegel/trako nat kaca di pabrik CV Malang Indah sudah tutup sejak tahun 2001 karena hal tersebut, dan juga bahan baku yang tidak tersedia, serta tidak ada lagi yang meneruskan usaha tersebut.

Klinik Panorama berada tidak jauh dari lokasi pembuatan kilang minyak PT. Pertamina
Wawancara dengan Pak Agus, yang pernah membuat trako nat kaca

 

 

 

 

 

Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan Meriam Jepang Bukit Meriam yang berlokasi di PDAM Sidodadi, hal ini dilakukan guna memantau dan  mendokumentasikan kegiatan pemanfaatan berupa pembuatan   jalan paving blok dari meriam 1 ke meriam, kegiatan ini merupakan program yang dibuat oleh  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, dilanjutkan peninjauan lokasi Klinik Panorama yang merupakan klinik pertamina yang rencananya akan dibongkar dalam rangka perluasan kilang minyak pertamina, tetapi hasil peninjauan klinik tersebut tidak akan dibongkar dan tetap difungsikan sebagai klinik bagi para pensiunan PT Pertamina.

TINGGALKAN KOMENTAR