Studi Teknis Rumah Panembahan H. Ade M Said Paku Negara Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat

0
372

Pendokumentasian dalam Kegiatan Studi Teknis

Dilaksankan oleh Drs. Ign. Eka Hadiyanta, M.A, Bayu Cahyoadi Fernado, S.S, Azahar Purwanto, S.T, Ni Made Apri Astuti, S.S, Sulistiyanto, A.Md, Alfithra Pramanandana S.S.Ars, Andi Sultra Handayani, S.S, Dedhy Aditya Pradhana, S.T dan Suhardiman. Kegiatan Studi Teknis Rumah Panembahan H. Ade M Said Paku Negara Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat pada tanggal 8 Oktober 2018 s.d 15 Oktober 2018.

Maksud dan tujuan kegiatan adalah memperoleh studi teknis dan pendokumentasian lengkap dan detail yang nantinya dapat menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan dan langkah pelestarian selanjutnya

Laporan Singkat Hasil Perjalanan :

Koordinasi dengan Kasi Cagar Budaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Batat

Tim melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabupaten Sanggau berupa penyampaian maksud kegiatan yaitu melakukan Studi Teknis dan Pendokumentasi pada Rumah Panembahan H. Ade M Said Paku Negara dan beberapa benda peninggalannya. Bapak David Dino Wijayanto, S.Sn selaku Plt. Kasi Cagar Budayadan Permuseuman menyambut baik hal tersebut dan bersedia mendampingi tim selama kegiatan berlangsung.

Kemudian tim melakuka koordinasi dengan pihak keluarga pemilik Rumah Panembahan H. Ade M Said Paku Negara sekaligus meminta izin untuk pelaksanaan kegiatan Studi Teknis dan Pendokumentasian. Setelah koordinasi tim melakukan observasi Rumah Panembahan H. Ade M Said Paku Negara.

Koordinasi dengan pihak Rumah Panembahan H. Ade M Said Paku Negara yang didampinggi oleh Kasi Cagar Budaya dan Permuseuman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau

Di hari selanjutnya tim langsung membagi tugas, dalam pelaksanaan pendokumentasian dimulai dari lingkungan RumahPanembahan dan kemudian bagian kolong dan luar bangunan. Tim melanjutkan kegiatan pendokumentasian pada ruang tengah, ruang dapur, atap dan pada bangunan pendamping. Selanjutnya tim juga melalukan pendokumentasian pada benda- benda peninggalan Rumah Panembahan. kemudian kroscek data dan melengkapi foto yang masih kurang pada bangunan RumahPanembahan H. Ade M. Said Paku Negara.

TINGGALKAN KOMENTAR