You are currently viewing Studi Teknis Betang Antang Kalang
Betang Antang Kalang

Studi Teknis Betang Antang Kalang

Betang Antang Kalang berada di Desa Tumbang Gagu, Kecamatan Antang Kalang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Kegiatan studi teknis ini dilaksanakan pada tanggal 8 s.d 19 Agustus 2017 dengan maksud untuk mengumpulkan data mengenai kondisi bangunan, identifikasi kerusakan arsitektur, kerusakan struktural, kerusakan material dan lingkungan, serta identifikasi faktor penyebab kerusakan dan langkah-langkah penanganannya. Dari data tersebut kemudian dilakukan penyusunan rencana pemugaran pada bangunan.

Perjalanan menuju Desa Tumbang Gagu ditempuh melalui jalur darat menggunakan mobil
selama ± 6 jam, dan dilanjutkan melalui jalur sungai menggunakan perahu selama ± 5 jam. Kegiatan diawali dengan melakukan koordinasi ke Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kotawaringin Timur, dan dilanjutkan koordinasi dengan perangkat Desa Tumbang Gagu serta ahli waris Betang Antang Kalang yang terdiri dari pewaris 6 bilik.

Kondisi Jalan dari Sampit Menuju Kecamatan Antang Kalang
Perjalanan menggunakan Perahu
Koordinasi dengan Ahli Waris Betang Antang Kalang dan Mantir Adat

Pelaksanaan kegiatan studi teknis dilakukan dengan melakukan observasi lapangan, kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data eksisting bangunan betang dan kerusakan berupa pengukuran dan penggambaran bangunan pada bagian kaki bangunan (tiang pondasi dan sloop), bagian tubuh bangunan (gelagar, lantai, rangka dinding, penutup dinding), dan bagian atap (balok atap, rangka atap, kasau, reng dan penutup atap). Pengumpulan data lingkungan dilakukan dengan pengamatan lokasi dan pemetaan menggunakan total station. Pengumpulan data tentang sejarah Betang Antang Kalang dilakukan dengan wawancara ahli waris Betang.

Pengumpulan Data Ukuran dan Kerusakan
Pengumpulan Data Menggunakan Total Station

 

Leave a Reply