Seminar Museum Kota Samarinda

0
1285
Diskusi untuk menentukan konsep dan visi misi museum

Dalam rangka pembangunan Museum Samarinda baru di pusat Kota Samarinda, perlu dilakukan penyusunan konsep museum. Oleh karena itu, Dinas Kebudayaan Kota Samarinda mengadakan seminar yang membahas mengenai konsep dasar yang diperlukan untuk membangun dan mengembangkan suatu museum.

Seminar tersebut dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2017 di Hotel Grand Victoria Samarinda, dan dihadiri oleh beberapa instansi dan aktifis yang terlibat langsung, baik dalam pembangunan maupun dalam penyusunan konsep museum. Seminar tersebut menghadirkan beberapa narasumber, diantaranya:

  1. Bapak Drs. Budhy Sancoyo, M.A., selaku kepala BPCB Kalimantan Timur yang menyampaikan materi dengan tema “Manajemen Museum”;
  2. Ery Sutriyadi, S.T., M.A., kepala Seksi Koleksi Konservasi dan Dokumentasi Museum Negeri Sonobudoyo yang menyampaikan materi dengan tema “Pengelolaan dan Pengembangan Museum Negeri Sonobudoyo”.
Penyampaian Materi oleh Bapak Drs. Budhy Sancoyo, M.A.

Selain pemberian materi, dilakukan juga diskusi mengenai Karya Seni yang ditampilkan, serta penjelasan yang disampaikan oleh kurator dari ahli gambar cadas.

Diskusi dengan Veteran dan Pimpinan SKPD beserta jajarannya
Sesi Tanya Jawab oleh Pemerhati Sejarah Kota Samarinda
Sesi Tanya Jawab oleh Perwakilan Pemuda Kota Samarinda

Dengan adanya seminar ini, diharapkan mampu membuat masyarakat Samarinda menghargai dan melindungi, serta merawat Cagar Budaya. Melalui seminar ini, diperlihatkan juga pelestarian apa saja yang pernah dilaksanakan.