Selamat Hari Waisak

Selamat Hari Waisak

Hari Waisak

Merupakan hari suci yang selalu diperingati oleh seluruh umat Buddha. Di India, hari Waisak disebut dengan hari Visakah Puja atau juga Buddha Purnima, di Tibet disebut hari Saga Dawa. Malaysia dan Singapura, serta Sri Lanka menyebutnya Vesak, dan Thailand menyebutnya Visakha Bucha.

Hari Raya Waisak umumnya diperingati pada bulan Mei, pada saat purnama sidhi atau terang bulan, untuk memperingati tiga peristiwa penting, yaitu lahirnya Pangeran Siddharta pada tahun 623 SM, mencapai penerangan agung Pangeran Siddharta Buddha di tahun 588 SM, dan peristiwa wafatnya/ parinibana Buddha Gautama di tahun 543 SM. Ketiga peristiwa ini kemudian disebut dengan istilah Tri Suci Waisak. Tahun ini, perayaan Waisak jatuh pada hari Selasa, 29 Mei 2018.

Keluarga Besar Balai Pelestarian Cagar Budaya Kalimantan Timur Mengucapkan Selamat Hari Waisak untuk SahabatBudaya yang merayakan semoga dengan peringatan hari waisak menjadi momentum untuk membangun persatuan dan kesatuan bangsa dengan penuh rasa persaudaraa.

Leave a Reply