You are currently viewing Sandung di Desa Bangkal

Sandung di Desa Bangkal

Sandung merupakan salah satu bentuk penguburan suku dayak, yaitu sebagai tempat menyimpan tulang. Sandung yang ditemukan di Desa Bangkal Kecamatan Seruyan Raya merupakan tinggalan dari (Suku Dayak Temuan dan Dayak Kuhin) berbentuk menyerupai rumah kecil yang ditopang dengan tiang. Sandung tersebut memiliki perbedaan dari jumlah tiang yang menopang, ada yang tiangnya hanya satu, ada yang empat, dan ada yang enam tiang. Sandung biasanya dilengkapi dengan Sapundu1, Tiang Pantar2, Sangaran3, dan Kapatung4. Namun, tidak semua Sandung lengkap dengan atribut yang disebutkan sebelumnya, yang wajib/mutlak ada yaitu Sapundu.

Menurut informasi, dalam pembuatan Sandung pada masa lalu dan sampai saat ini wajib melakukan pesta adat yaitu Tiwah5. Dalam proses Tiwah tersebutlah seluruh masyarakat adat di suatu desa berkumpul dan membuat Sandung beserta kelengkapan lainnya. Pelaksanaan Tiwah biasanya memerlukan waktu yang cukup lama, biasanya dilakukan selama tiga bulan. Waktu yang lama tentunya akan memerlukan tenaga dan anggaran yang banyak, biasanya masing-masing kerabat menyediakan hewan untuk disembelih berupa babi dan kerbau. Selain itu, pada masa lalu selama tiga bulan pembuatan Sandung juga dilakukan pencarian tumbal6  di luar daerah/wilayah orang yang meninggal. Namun, saat ini pencarian tumbal sudah tidak dibolehkan lagi sejak disepakatinya  hasil  muasyawarah/perjanjian  Tumbang  Anoi  untuk  seluruh  Suku Dayak di Kalimantan. Berikut beberapa Sandung yang ada di Desa Bangkal:

  1. Sandung Keturunan Bahan Kondong

Alamat Desa Bangkal, Kec. Seruyan Raya, Kab. Seruyan. Akses yang dilalui untuk sampai dengan menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua, dari Kecamatan Seruyan Raya ditempuh selama 30 menit dengan jalan sudah diaspal, tetapi sedikit berlubang. Sandung ini khususkan untuk keluarga keturunan Bahan bin Kondong. Sandung ini dilengkapi dengan tiang pantar, sapundu, sangaran, dan kapatung. Sandung ini berda tidak jauh dari Betang Bahan Kondong.

Sandung Keturunan Bahan Kondong

2. Sandung Macan Rajun

Alamat Desa Bangkal, Kec. Seruyan Raya, Kab. Seruyan. Sandung Macam Rajun adalah tempat penguburan kepala kampung pertama di Desa Bangkal. Menurut informan sandung tersebut dibuat sekitar dua ratus tahun yang  lalu.  Batas-batas  Sandung  Macan  Raju  di  sebelah  utara  jalan,  selatan bangunan sanggar budaya dayak intan berlian dan danau sembuluh, timur jalan dan pemukiman masyarakat, serta di bagian barat berbatasan dengan pemukiman masyarakat. Kondisi Sandung masih terawat dan terjaga karena keturunan Macan Rajun yang masih ada sampai saat ini selalu melakukan pembersihan. Ukuran pondasi (bahan beton/semen)   panjang 95 cm, lebar 95 cm, dan tinggi 60 cm. Ukuran  diameter  tiang  sandung  30  cm,  tinggi  227  cm,  serta  ukuran  sandung panjang 259 cm, dan lebar 116 cm. Akses yang dilalui untuk sampai dengan menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua, dari Kecamatan Seruyan Raya ditempuh selama 30 menit dengan jalan sudah diaspal, tetapi sedikit berlubang.

Sandung Macan Rajun

Leave a Reply