Pembukaan Pameran Bersama Cagar Budaya dan Permuseuman

0
1205

Pameran Bersama Cagar Budaya dan Permuseuman

SahabatBudaya, yang tidak sempat hadir dalam Pameran Cagar Budaya dan Permuseuman yang kami adakan di Balikpapan Sport and Convention Center Dome Balikpapan kami ada dokumentasi pembukaan acara kegiatan tersebut:

………
Sedikit informasi bahwa kegiatan Pameran Bersama ini terselenggara berkat kerjasama Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman, Direktorat Kesenian, Museum-Museum, Balai Pelestarian Cagar Budaya Se-Indonesia, Balai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan dan Provinsi Jawa Tengah.
…….
Pameran Bersama mengusung Tema ” Keberagaman dalam Persatuan”

Pameran Bersama Cagar Budaya dan Museum
Pembukaan Oleh Wakil Walikota Balikpapan
Pameran Bersama Cagar Budaya dan Permuseuman
Sambutan dari Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman yang diwakili oleh Kasubdit Permuseuman
Pameran Bersama Cagar Budaya dan Permuseuman
Sambutan Ketua Panitia Kegiatan
Pameran Bersama Cagar Budaya dan Permuseuman
Pemotongan Pita Oleh Wakil Walikota Balikpapan

Sesuai dengan UU Pemajuan Kebudayaan RI No. 5 Tahun 2017, khususnya didalam pasal 1 yang menyatakan Pemajuan Kebudayaan adalah upaya meningkatkan Ketahanan Budaya, dan Kontribusi Budaya Indonesia di tengah peradaban dunia melalui Perlindungan, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Pembinaan Kebudayaan.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk menjalankan peran dalam rangka Pemajuan Kebudayaan, maka diselenggarakan pameran bersama oleh Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman dan UPT di lingkungan Direktorat Jenderal Kebudayaan (Museum Sumpah Pemuda, Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Museum Benteng Vredeburg, Museum Kepresidenan BalaiKirti, Museum Basoeki Abdullah,   Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah, Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta, Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran, Balai Konservasi Borobudur), serta Museum Perjuangan Rakyat Jambi, dan  Dinas Pendidikan  dan Kebudayaan ProvinsiJawa Tengah, bekerjasama  dengan Balai Pelestarian  Cagar Budaya Kalimantan Timur.

Pameran ini dapat menjadi salah satu wadah penyampaian informasi mengenai khasanah pengetahuan kepada publik sehingga Museum, Balai Pelestarian, dan Dinas Pendidikan, dapat memainkan peran aktif dalam proses belajar mengajar, menunjang  pendidikan  formal  dan  usaha  mencerdaskan  kehidupan  bangsa, serta menanamkan rasa cinta dan bangga terhadap negara bangsa Indonesia. Pameran akan diselenggarakan pada tanggal 7 s.d. 11 Agustus 2018 di Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur.

Tujuan Kegiatan Pameran Bersama adalah : Menyebarluaskan    informasi   tinggalan    arkeologis,    nilai-nilai   sejarah perjuangan   dan  seni  Bangsa  Indonesia   kepada   masyarakat  melalui pamera. Meningkatkan  apresiasi   masyarakat   terhadap   kekayaan   sejarah   dan budaya Bangsa Indonesia melalui pameran. Menanamkan rasa cinta tanah air kepada generasi muda. Meningkatkan peran serta lembaga-lembaga pendidikan dan kebudayaan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan dan menjalin kerjasama yang baik antar instansi pendidikan dan kebudayaan yang ada di Indonesia

Pameran Bersama Cagar Budaya dan Permuseuman
Penjelasan materi pameran kepada Wakil Walikota Balikpapan
Pameran Bersama Cagar Budaya dan Permuseuman
Pengunjung pameran bersama Cagar Budaya dan Permuseuman
Pameran Bersama Cagar Budaya dan Permuseuman
Suasana pameran