You are currently viewing Pedoman Penulisan Kundungga Volume 10 Tahun 2021

Pedoman Penulisan Kundungga Volume 10 Tahun 2021

Isi dan Kriteria Umum

Naskah makalah atau karya tulis ilmiah untuk publikasi Buletin Kundungga Volume 10 Tahun 2021 dapat berupa artikel hasil penelitian, ulas balik (review) dan ulasan atau tinjauan (feature) tentang Cagar Budaya baik sains maupun terapan terutama yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi Balai Pelestarian Cagar Budaya Kalimantan Timur. Naskah yang diajukan belum pernah dipublikasikan atau tidak sedang diajukan pada wadah publikasi lain.

Penulisan Judul dan Naskah, sebagai berikut :

  1. Judul diketik dengan huruf kapital di tengah atas halaman dan dicetak tebal (bold) huruf arial 14. Sub judul ditulis dalam huruf arial 12.
  1. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Inggris sesuai kaidah masing-masing bahasa yang digunakan.
  2. Naskah harus selalu dilengkapi dengan abstraksi (dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris).
  3. Kata-kata bahasa asing yang tidak dapat dialihbahasakan/disadur dicantumkan dalam bentuk asli dan ditulis dengan huruf miring (Italic).

FORMAT UMUM

Seluruh bagian dari naskah termasuk abstraksi, judul, tabel, gambar, catatan kaki, keterangan gambar dan daftar acuan diketik satu spasi dan dicetak dalam format A4 menggunakan huruf Arial berukuran 11 (sebelas). Setiap lembar tulisan dalam naskah diberi  nomor  halaman  dengan  jumlah  maksimum  15  halaman  termasuk  tabel  dan gambar. Susunan naskah dibuat sebagai berikut:

  1.  Judul (Title), Pada halaman judul makalah/karya tulis dicantumkan nama  setiap penulis  dengan jumlah penulis maksimum 5 (lima) orang, nama dan alamat Instansi bagi masing – masing penulis; disarankan dibuat catatan kaki yang berisi nomor telepon, faksimili serta posel.
  2. Abstraksi (Abstract), Berisi ringkasan pokok bahasan lengkap dari keseluruhan  isi naskah  tanpa  harus memberikan keterangan terlalu rinci dari setiap bab, dengan jumlah maksimum 250 kata.
  3.  Pendahuluan (Introduction), Bab ini dapat berisi latar belakang, maksud dan tujuan penyelidikan/penelitian, permasalahan, metodologi, lokasi dan daerah sasaran serta materi yang diselidiki/diteliti dengan bab dan subbab tidak perlu menggunakan nomor. Bab berisi pernyataan yang mencukupi sehingga pembaca dapat memahami dan mengevaluasi hasil penyelidikan/penelitian yang berkaitan dengan topik makalah/karya tulis.
  4. Hasil dan Analisis (Results and Analysis), Berisi hasil-hasil penyelidikan/penelitian yang disajikan dengan tulisan, tabel, grafik, gambar  maupun  foto;  diberi  nomor  secara berurutan.  Hindari  penggunaan  grafik secara berlebihan apabila  dapat disajikan dengan  tulisan secara singkat. Pencantuman foto atau gambar tidak berlebihan dan hanya mewakili hasil penemuan. Semua tabel, grafik gambar dan foto yang disajikan harus diacu dalam tulisan dengan keterangan yang jelas dan dapat dibaca. Font huruf/angka untuk keterangan tabel, gambar dan foto berukuran minimum 6 (enam).
  1.  Pembahasan atau Diskusi (Discussion), Berisi tentang  interpretasi terhadap  hasil penyelidikan/penelitian  dan  pembahasan yang terkait dengan hasil-hasil yang pernah dilaporkan.
  1.  Kesimpulan dan Saran (Conclusions and Recommendation) Berisi kesimpulan dan saran dari isi yang dikandung dalam makalah/karya tulis.
  2. Acuan (References), Acuan  ditulis  dengan menggunakan sistem  nama  tahun ,  nama  penulis/ pengarang yang tercantum didahului oleh nama akhir (surename), disusun menurut abjad dan judul makalah/karya tulis ditulis dengan huruf miring (Italic).

Beberapa contoh penulisan sumber acuan :

Jurnal

Harvey, R.D. dan  Dillon, J.W. 1985. Maceral distribution  in  Illinois  cals  and  their palaeoenvironmental implication. International Journal of Coal Geology, 5, h.141- 165.

Buku

Petters, W.C. 1987. Exploration and Mining Geology. John W illey & Sons, New York, 685 h.

Prosiding

Suwarna, N. dan Suminto. 1999. Sedimentology and Hydrocarbon Potential of the Permian Mengkarang Formation, Southern Sumatera. Proceedings Southeast Asian Coal Geology, Bandung.

Skripsi/Tesis/Disertasi

DAM, M.A.C.1994. The Late Quarternary evolution of The Bandung Basin, West Java, Indonesia. Ph.D Thesis at Dept. of Quarternary Geology Faculty of Earth Science Vrije Universitet Amsterdam, h.1-12.

Informasi dari Internet

Cantrell, C. 2006. Sri Lanka’s tsunami drive blossom: Local man’s effort keeps on givingHttp://www.boston.com/news/local/articles/2006/01/26/sri_lankas_tsunami_ Drive_blossoms/[26 Jan 2006].

WEWENANG REDAKSI

Redaksi berwenang penuh melakukan penyuntingan atas naskah yang akan dipublikasikan tanpa merubah dan mengurangi isi naskah. Redaksi mempunyai hak dan wewenang penuh untuk menolak naskah dengan isi dan format yang tidak sesuai dengan pedoman penulisan Buletin Kundungga dan tidak berkewajiban untuk mengembalikan naskah tersebut.

PENGIRIMAN NASKAH

Penulis dimohon untuk mengirimkan 1 (satu) eksemplar naskah asli berupa hard copy atau soft copy kepada: Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Kalimantan Timur Wilayah Kerja Kalimantan. Jalan H.A.M.Rifaddin No. 69 Kel. Harapan Baru, Kec. Loa Janan Ilir Samarinda, Kalimantan Timur (75131) posel: bpcbkaltim@kemdikbud.go.id

Leave a Reply