Pameran Cagar Budaya Muara Kaman

0
1082

Pameran Cagar Budaya Muara Kaman

Pameran Cagar Budaya Muara Kaman yang dilkasanakan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Kalimantan Timur adalah salah satu bentuk publikasi kepada masyarakat tentang keberadaan dari Situs bersejarah yang ada di Kalimantan Timur.

Sesuai dengan UU Pemajuan Kebudayaan RI No. 5 Tahun 2017, khususnya didalam pasal 1 (satu) yang menyatakan Pemajuan Kebudayaan adalah upaya meningkatkan Ketahanan Budaya, dan Kontribusi Budaya Indonesia di tengah peradaban dunia melalui Pelindungan, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Pembinaan Kebudayaan.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk menjalankan peran dalam rangka Pemajuan Kebudayaan, maka diselenggarakan pameran Cagar Budaya di Museum Kutai Mulawarman Ing Martadipura atau Museum Purba Mulawarman, Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur

Pameran Cagar Budaya Muara Kaman ini dapat menjadi salah satu wadah penyampaian informasi mengenai khasanah pengetahuan kepada publik sehingga dapat memainkan peran aktif dalam proses belajar mengajar, menunjang  pendidikan  formal  dan  usaha mencerdaskan kehidupan  bangsa, serta menanamkan rasa cinta dan bangga terhadap negara bangsa Indonesia. Pameran akan diselenggarakan pada tanggal 24 s.d. 30 November 2018 di Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kuti Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur.

Tujuan dari pelaksanaan pameran di Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara

Menyebarluaskan  informasi   tinggalan    arkeologis,    nilai-nilai   sejarah   dan  seni Bangsa  Indonesia   kepada   masyarakat  melalui pameran; Meningkatkan  apresiasi  masyarakat   terhadap   kekayaan   sejarah   dan budaya Bangsa Indonesia melalui pameran; Menanamkan rasa cinta tanah air kepada generasi muda; Meningkatkan peran serta lembaga-lembaga pendidikan dan kebudayaan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pendidikan; Menjalin kerjasama yang baik antar instansi pendidikan dan kebudayaan yang ada di Kalimantan Timur

TINGGALKAN KOMENTAR