Meriam di lingkungan Istana Surya Negara

Meriam di lingkungan Istana Surya Negara

Meriam di lingkungan Istana Surya Negara yang dimaksud adalah Meriam yang berada di halaman Istana Surya Negara dan yang berada di luar pagar Istana, namun masih berada dalam Kawasan Istana Surya Negara. Meriam yang berada di halaman Istana Surya Negara berjumlah 5 (lima), kemudian yang ada di kawasan Istana tepat depan rumah penduduk (masih kerabat Istana Surya Negara) sebanyak 4 (empat) buah. Kondisi Meriam yang ada di halaman Istana Surya Negara masih utuh dan terawat, namun kondisi Meriam yang berada di halam rumah penduduk sudah mengalami korosi, berjamur, dan berlumut karena posisi Meriam langsung tergeletak pada permukaan tanah, serta langsung terkena sinar matahari dan hujan.

Meriam 1.

Meriam 1. Lingkaran bawah badan laras 66 cm, lingkaran atas badan laras 34 cm. Kondisi bibir depan (lubang penembak) cuil, permukaan badan laras berkarat. Ukuran panjang laras 130 cm dan diameter lubang 7 cm. Laras dilengkapi dengan pijakan bagian samping dengan ukuran panjang 5,5 cm dan diameter 4 cm. Meriam 1 berada di halaman Istana Surya Negara, tepatnya di sisi timur tangga Istana Surya Negara.

Meriam 2. Lingkaran bawah badan laras 81 cm, lingkaran atas badan laras 42 cm. Kondisi permukaan badan laras sudah berjamur. Ukuran panjang laras 118 cm dan diameter lubang 8 cm. Laras dilengkapi dengan pijakan bagian samping dengan ukuran panjang 7 cm dan diameter 5,5 cm. Meriam 2 berada di halaman Istana Surya Negara, tepatnya di sisi barat tangga Istana Surya Negara.

Meriam 3

Meriam 3. Lingkaran bawah badan laras 77,5 cm, lingkaran atas badan laras 46,5 cm. Ukuran panjang laras 132 cm dan diameter lubang 8 cm. Laras dilengkapi dengan pijakan bagian samping dengan ukuran panjang 7 cm dan diameter 5,5 cm. Meriam C berada di halaman Istana Surya Negara, tepatnya di samping (sisi barat) Meriam 2.

Meriam 4. Lingkaran bawah badan laras 67 cm, lingkaran atas badan laras 34,5 cm. Ukuran panjang laras 225 cm dan diameter lubang 6 cm. Laras dilengkapi dengan pijakan bagian samping dengan ukuran panjang 6 cm dan diameter 5,5 cm. Meriam 4 berada di halaman Istana Surya Negara, tepatnya di samping sisi timur dekat tiang.

Meriam 4

Meriam 5. Lingkaran bawah badan laras 72 cm, lingkaran atas badan laras 40 cm. Ukuran panjang laras 175 cm dan diameter lubang 7 cm. Laras dilengkapi dengan pijakan bagian samping dengan ukuran panjang 8 cm dan diameter 6 cm. Ada dua motif naga bagian atas. Kondisi bagian depan cuil, permukaan kasar, warna hijau lumut karena berpatinasi. Meriam 5 berada di halaman Istana Surya Negara, tepatnya di samping sisi barat dekat tiang.

Meriam 5

Meriam 6. Lingkaran bawah badan laras 121 cm, lingkaran atas badan laras 68 cm. Ukuran panjang laras 274.5 cm dan diameter lubang 11 cm. Laras dilengkapi dengan pijakan bagian samping dengan ukuran panjang 10 cm dan diameter 9 cm. Kondisi permukaan berjamur, berlumut, dan mengalami korosi. Meriam 6 berada di depan rumah penduduk, tepat di dekat tiang yang menurut informasi lokasi tersebut merupakan istana pertama sebelum Istana Surya Negara dibangun seperti saat ini.

Meriam 6

Meriam 7. Lingkaran bawah badan laras 123 cm, lingkaran atas badan laras 69 cm. Ukuran panjang laras 275 cm dan diameter lubang 11 cm. Laras dilengkapi dengan pijakan bagian samping dengan ukuran panjang 12 cm dan diameter 10 cm. Kondisi permukaan berjamur, berlumut, dan mengalami korosi. Meriam 7 berada di depan rumah penduduk 9 (sisi timur Meriam 6), tepat di dekat tiang yang menurut informasi lokasi tersebut merupakan istana pertama sebelum Istana Surya Negara dibangun seperti saat ini.

Meriam 7

Meriam 8. Lingkaran atas badan laras 76 cm. Ukuran panjang laras 187 cm dan diameter lubang 11 cm. Laras dilengkapi dengan pijakan bagian samping dengan ukuran panjang 11 cm dan diameter 10 cm. Kondisi utuh, permukaan laras bagian badan tertutup tanah.  Permukaan laras terlihat sudah aus dan mengalami korosi. Meriam H berada di depan rumah penduduk (Bpk. Ismail) yang masih kerabat Istana Surya Negara. 

Meriam 8

Meriam 9. Lingkaran atas badan laras 76 cm. Ukuran panjang laras 186 cm dan diameter lubang 11 cm. Laras dilengkapi dengan pijakan bagian samping dengan ukuran panjang 11 cm dan diameter 10 cm. Kondisi utuh, permukaan laras bagian badan tertutup tanah. Pada pijakan bagian samping ada tulisan angka tahun 1783. Permukaan laras terlihat sudah aus dan mengalami korosi. Meriam H berada di depan rumah penduduk (Bpk. Ismail) yang masih kerabat Istana Surya Negara. 

Meriam 9

Leave a Reply