Kegiatan Sosialisasi dan Publikasi Cagar Budaya melalui Pemutaran Film di Kota Bontang, Kalimantan Timur

0
191

Kegiatan Sosialisasi dan Publikasi Cagar Budaya melalui Pemutaran Film di Kota Bontang, Kalimantan Timur

Kegiatan Sosialisasi dan Publikasi Cagar Budaya melalui Pemutaran Film  dilaksanakan pada tanggal 20 s.d 25 Agustus 2019.

Tim melakukan Koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bontang yang diwakili oleh Bapak Nur Irwansyah, S.E selaku Kasi Kebudayaan terkait pelaksanaan kegiatan. Pelaksanaan Sosialisasi dan Publikasi Cagar Budaya melalui pemutaran film Bioskop Keliling pada tanggal 21 Agustus 2019 bertempat di Ruang Aula SMA YPK Bontang. Film yang diputar adalah film dokumenter bertemakan Cagar Budaya yaitu “Gambar Cadas Prasejarah di Indonesia”, “Deliniasi I Kawasan Karst Sangkulirang Mangkalihat” dan “Merapi, Pengaruh dan Perubahan di Lingkungan Sekitarnya”. Selanjutnya pemutaran film nasional berjudul “Boven Digoel” yang bertemakan Cinta Tanah Air. Peserta merupakan siswa-siswi kelas X dan XI dengan jumlah total penonton 300 orang. Sosialisasi dan Publikasi Cagar Budaya melalui pemutaran film Bioskop Keliling pada tanggal 22 Agustus 2019 bertempat di Ruang Aula SMAN 2 Bontang. Pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi 2 (dua) sesi. Pada sesi pertama film yang diputar adalah film dokumenter bertemakan Cagar Budaya yaitu “Gambar Cadas Prasejarah di Indonesia”, “Deliniasi II Kawasan Karst Sangkulirang Mangkalihat” dan “Merapi, Pengaruh dan Perubahan di Lingkungan Sekitarnya”. Selanjutnya pemutaran film nasional berjudul “Simfoni Satu Tanda” yang bertemakan Pendidikan Karakter. Peserta merupakan siswa-siswi kelas X dan XI IPA dengan jumlah total penonton 340 orang. Pada sesi kedua film yang diputar adalah film dokumenter bertemakan Cagar Budaya yaitu “Gambar Cadas Prasejarah di Indonesia”, “Kajian Konservasi Kawasan Karst Sangkulirang Mangkalihat” dan “Candi-Candi Terpendam”. Selanjutnya pemutaran film nasional berjudul “The Fabulous Udin” yang bertemakan Pendidikan Karakter. Peserta merupakan siswa-siswi kelas XI IPA dan XI IPS dengan jumlah total penonton 373 orang.

Pelaksanaan Sosialisasi dan Publikasi Cagar Budaya melalui pemutaran film Bioskop Keliling pada tanggal 23 Agustus 2019 bertempat di GOR SMAN 1 Bontang. Film yang diputar adalah film dokumenter bertemakan Cagar Budaya yaitu “Gambar Cadas Prasejarah di Indonesia” dan “Merapi, Pengaruh dan Perubahan di Lingkungan Sekitarnya”. Selanjutnya pemutaran film nasional berjudul “Laskar Pemimpi” yang bertemakan Cinta Tanah Air. Peserta merupakan seluruh siswa-siswi SMAN 1 Bontang dengan jumlah total penonton 526 orang.

Pelaksanaan Sosialisasi dan Publikasi Cagar Budaya melalui pemutaran film Bioskop Keliling pada tanggal 23 Agustus 2019 bertempat di Kawasan Serbaguna Kelurahan Guntung, Kecamatan Bontang Utara. Film yang diputar adalah film dokumenter bertemakan Cagar Budaya yaitu “Gambar Cadas Prasejarah di Indonesia”, “Deliniasi I Kawasan Karst Sangkulirang Mangkalihat” dan “Merapi, Pengaruh dan Perubahan di Lingkungan Sekitarnya”. Selanjutnya pemutaran film nasional berjudul “Tanah Surga Katanya” yang bertemakan Cinta Tanah Air, kemudian dilanjutkan dengan film berjudul “Pasukan Kapiten” yang bertemakan Pendidikan Karakter. Peserta merupakan masyarakat Kelurahan Guntung dan sekitarnya dengan jumlah total penonton 138 orang. Pelaksanaan Sosialisasi dan Publikasi Cagar Budaya melalui pemutaran film Bioskop Keliling pada tanggal 24 Agustus 2019 bertempat di Mangrove Park Kelurahan Berbas Pantai, Kecamatan Bontang Selatan. Film yang diputar adalah film dokumenter bertemakan Cagar Budaya yaitu “Gambar Cadas Prasejarah di Indonesia” dan “Siwa Palteu”. Selanjutnya pemutaran film nasional berjudul “12 Menit, Kemenangan Untuk Selamanya” yang bertemakan Pendidikan Karakter, kemudian dilanjutkan dengan film berjudul “Tanah Surga Katanya” yang bertemakan Cinta Tanah Air. Peserta merupakan masyarakat Kelurahan Berbas Pantai dan sekitarnya dengan jumlah total penonton 183 orang.

 

TINGGALKAN KOMENTAR