Jelajah Cagar Budaya Kalimantan Selatan

0
1525

Jelajah Cagar Budaya Kalimantan Selatan

Jelajah Cagar Budaya Kalimantan Selatan dilaksanakan pada tanggal 23 s.d. 25 Oktober 2019. Staf yang bertugas dalam pelaksanaan kegiatan tersebut adalah Vinsensius Ngesti Wahyuono, Ahmad Rizki Zulfikar, Gerri Ashari Pratama, Dio Alvin Pratama.

Hasil yang dilaporkan sebagai berikut:

Tim melakukan persiapan dalam rangka kegiatan jelajah cagar budaya dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan. Pembagian kaos, stiker dan leaflet keseluruh peserta jelajah cagar budaya Provinsi Kalimantan Selatan. Berkunjung ke situs bekas pertambangan Oranje Nassau dan Rumah Adat Bubungan Tinggi Tanjung Selong. Sambutan dan paparan Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Kalimantan Timur, Bapak Muslimin A.R. Effendy.

Kegiatan jelajah cagar budaya di Kalimantan Selatan dalam rangka mengenalkan potensi situs cagar budaya yang ada di Kalimantan Selatan kepada siswa-siswi SMA yang ada di Kota Banjarmasin. Sambutan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan yang di wakili oleh Kepala Bidang Kebudayaan, Bapak H. Akhmad Subakti, S.Pd sekaligus melepas peserta kegiatan jelajah cagar budaya Provinsi Kalimantan Selatan.

Kunjungan seluruh peserta ke situs bekas pertambangan Oranje Nassau. Dalam kunjungan penjelasan mengenai situs tersebut di atas dijelaskan oleh Bapak Nugroho Nur Susanto dari Balai Arkeologi Banjarmasin dan Bapak Mansur dari Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Kunjungan seluruh peserta ke situs Rumah Adat Bubungan Tinggi Tanjung Selong. Dalam kunjungan penjelasan mengenai situs tersebut di atas dijelaskan oleh Bapak Nugroho Nur Susanto dari Balai Arkeologi Banjarmasin dan Bapak Mansur dari Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Penyelesaian administrasi peserta jelajah cagar budaya Provinsi Kalimantan Selatan.