Inventarisasi Cagar Budaya di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat

0
3066

Kegiatan Inventarisasi Cagar Budaya di Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat telah dilaksanakan pada tanggal 23 s.d 30 Oktober 2017. Kegiatan ini dilaksanakan oleh 4 (empat) orang staf BPCB Kalimantan Timur dan 1 (satu) staf Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang (Erna Sulistiana).

Kegiatan diawali dengan melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang terkait tujuan dan sasaran Kegiatan Inventarisasi CB di Kabupaten Bengkayang Tahun 2017. Pendataan Cagar Budaya dilaksanakan dengan melakukan pendokumentasian berupa foto dan gambar, serta wawancara mengenai pendirian dan latar sejarah pembangunan.

Koordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang
Pengumpulan data
Pengukuran Rumah Adat

Ada beberapa cagar budaya yang telah didata, yaitu:

  1. Rumah Baluk

Rumah ini telah mengalami tiga kali penggantian, sehingga bangunan yang sekarang (termasuk yang baru) didirikan tahun 2006. Akan tetapi ada beberapa material yang masih menggunakan bahan yang lama yakni tangga, tiang, dan sobagt (gendang). Di rumah ini, setiap tahun di bulan Juni diadakan acara ritual yang dinamakan Nyobeng yakni ritual cuci tengkorak.

Rumah Baluk

2. Benteng van Dering (pillbox)

Bangunan benteng ini berbentuk pilbox yang berada di atas bukit. Kondisi bangunan ini terawat, namun pada bagian atas bangunan terdapat bangunan tambahan berupa gazebo yang dibuat oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Bengkayang. Pada dinding bagian luar benteng terdapat coretan dari cat yang berwarna hitam.

Benteng van Dering

3. Tiang Bendera di Kecamatan Monterado

Tiang ini terbuat dari bahan kayu ulin dengan tinggi 20 meter, yang terbagi dua dengan masing-masing tiang memiliki tinggi 10 meter. Tiang di bagian bawah ukurannya lebih besar dibandingkan bagian atas. Tiang ini berada di tengah jalan raya (poros) kecamatan. Kondisi tiang ini terdapat banyak lumut pada tiang tersebut.

Tiang Bendera

4. Tugu burung elang di Kecamatan Monterado

Tugu burung elang merupakan tugu/monumen masyarakat etnis Cina karena terdapat tulisan dengan aksara Cina pada monumen tersebut. Terdapat angka tahun pada tugu yakni 1952. Kondisi tugu masih relatif utuh.

Tugu Burung Elang

5. Tugu Peringatan Pejuang BPIKB di Kabupaten Bengkayang

Tugu peringatan pejuang BPIKB dibangun dalam rangka mengenang kematian para pejuang. Tugu ini berbentuk empat buah tiang dengan ukuran yang sama dan terbuat dari cor beton. Terdapat tulisan di bagian bawah tugu yang berangka tahun 1946 dan diresmikan oleh Gubernur Kalimantan Barat.

Tugu Peringatan

6. Gedung Pancasila di Kabupaten Bengkayang

Gedung Pancasila didirikan pada tahun 1960 yang diperuntukkan untuk sekolah rakyat (SD). Terdiri dari 12 ruangan dan 2 (dua) bangunan terpisah (depan/belakang). Setelah itu difungsikan sebagai bangunan pemerintah. Kemudian tahun 2006 kembali difungsikan sebagai sekolah swasta (SD) yang dengan kepemilikan dari Yayasan Darma Bakti Persada.

7. Rumah Panjang dan Tugu monumen di Kecamatang Samalantan

Terdapat dua bangunan baru yang juga didata yakni rumah panjang dan tugu/monumen yang berada di Kec. Samalantan. Rumah panjang merupakan bangunan baru yang didirikan tahun 1996 dan diresmikan oleh Bupati Sambas. Bangunan ini berfungsi sebagai tempat perayaan serta berkumpulnya masyarakat Dayak saat musim panen tiba. Sedangkan untuk tugu/monumen tidak ada keterangan yang menuliskan sejarah dibangunnya tugu.