Gedung Bioskop Beralih Fungsi Menjadi Gedung Darma Wanita Panji Tenggaron

0
865
Gedung Darma Wanita Panji

Gedung Darma Wanita Panji

Secara adaministrasi Gedung Darma Wanita Panji, Kelurahan Panji, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegar, Provinsi Kalimantan Timur. Aksesibilitas saat ini untuk bisa sampai ke bangunan tersebut dapat mengunakan kendaraan roda dua dan roda empat.

Latar Sejarah: Berbicara tentang Gedung Darma tidak lepas dari keberadaan Kerajaan Kutai Kartanegara yang ditata sesuai dengan kebutuhan Kerajaan saat itu. Pembangunan gedung ini diperkirakan dilakukan setelah Belanda mulai menetap di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Bangunan tersebut mengalami perubahan fungsi dari gedung bioskop menjadi gedung darma wanita. Pada masanya Bioskop ini digunakan oleh keluarga kerajaan Kutai Kartanegara untuk menikmati film diwaktu senggang. Lokasi gedung ini berada di sebelah kanan Istana Kutai Kartanegara.

Gedung Darma Wanita Panji
Denah Gedung Darma Wanita

Deskripsi: Gedung Darma Wanita Panji terbuat dari tembok bata menghadap ke jalan monument timur. Pada bagian depan bangunan terdapat portico atau tempat menurunkan penumpang di depan loby. Bagian atas portico ini terdapat atap lengkung dengan bagian cembung pada bagian atas dan disangga dengan dua tiang bulat pada bagian terluar dari portico, diatas loby (sedikit dibelakang port) terdapat menara dengan atap kubah dan jendela besar dari kaca. Pada bagian samping kanan dan kiri terdapat sayap bangunan dan juga beratap kubah. Pada bagian samping belakang terdapat jendela kecil memanjang keatas (tinggi). Secara umum atap bangunan ini adalah atap genteng dengan bentuk atap standar.

 

TINGGALKAN KOMENTAR