Ekskavasi Penyelamatan Situs Candi Negeri Baru

0
687

Kegiatan ekskavasi penyelamatan Situs Candi Negeri Baru di Desa Negeri Baru, Kecamatan Benua Kayong, Kabupaten Ketapang dari tanggal 17 Februari s.d. 1 Maret 2020.

Tim melakukan koordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ketapang terkait kegiatan ekskavasi penyelamatan Situs Candi Negeri Baru di Desa Negeri Baru, Kecamatan Benua Kayong, Kabupaten Ketapang.   Ekskavasi dilakukan pada tiga lokasi yang berbeda, yang pertama lokasi ekskavasi di candi III (melanjutkan ekskavasi yang sudah dilakukan pada tahun 2019), lokasi kedua berada di depan candi I (diluar pagar), dan lokasi ketiga berada di halaman depan rumah pak ahmad (pembukaan kotak pada lokasi ini didasarkan pada hasil georadar yang dilakukan BALAR KALSEL, dari hasil georadar tersebut mengindikasikan adanya struktur).

Selain melakukan ekskavasi, juga dilakukan pengukuran suhu untuk mengetahui suhu dan kelembaban secara mikro di lingkungan Situs Candi Negeri Baru, variable pengukuran dilakukan pada bagian dalam cungkup dan luar cungkup. Dari hasil ekskavasi yang dilakukan pada lokasi yang pertama atau candi III diketahui mempunyai ukuran panjang 4,5 m, lebar 4,6 m dan tinggi ±69 cm. Pada lokasi kedua diketahui ukuran bata yang ditemukan lebih kecil dari ukuran bata yang ditemukan pada candi III, serta ditemukaan runtuhan bata yang tersusun rapi, diperkirakan merupakan runtuhan bagian atas candi 1 yang runtuh kearah timur. Dan lokasi 3 ditemukan banyak fragmen gerabah/tembikar,fragmen porselin, dan stoneware pada lapisan kedua dan ketiga, karena kondisi (pada kedalam 80 – 100 cm air tanah naik memenuhi kotak sehingga tidak mungkin melakukan penggalian lebih dalam) yang tidak memungkinkan maka penggalian dihentikan pada kedalam spit 7 – 8 atau kedalam 80 – 100 cm). variasi bata polos penyusun candi III ada tiga tipe. Tipe pertama bata ukuran 33,5 x 17 x5 cm, tipe dua bata polos berukuran 28 x 14,5 x 5 cm, tipe ketiga bata polos berukuran 24 x 15 x 5 cm.Ekskavasi di Candi III berhasil menampakkan sudut candi dan penampil.

Sumber : Laporan Perjalanan Dinas kegiatan ekskavasi penyelamatan Situs Candi Negeri Baru di Desa Negeri Baru, Kecamatan Benua Kayong, Kabupaten Ketapang . 2020.

Berikut artikel yang terkait : disini