Temuan Situs Gapuro, Kemlagi, Mojokerto

0
104

Kemlagi-Struktur kuno yang diperkirakan berasal dari periode awal Majapahit ditemukan pada saat pembuatan pondasi posyandu tanggal 28 April 2016 lalu. Setelah melakukan koordinasi dengan pihak desa untuk pengamanan situs, tim penyelamatan BPCB Jawa Timur segera melaksanakan ekskavasi meski sempat mengalami kendala karena harus menghentikan warga yang melakukan penggalian.

Temuan struktur bata kuno yang dinamakan Situs Gapuro oleh masyarakat terletak di Dusun Gapuro, Desa Mojojajar, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto. Terdapat 2 massa struktur yang bersebelahan posisi, yaitu di barat dan di timur. Struktur yang terdapat di barat diidentifikasi sebagai gapura. Sisa struktur yang tersisa adalah bagian kaki gapura, yang terdiri atas batur, anak tangga, pipi tangga dan agar di sisi kanan dan kiri gapura.

Gapura ini menghadap ke arah barat, yang merupakan pintu masuk menuju massa struktur yang kedua di sebelah timurnya. Massa struktur kedua diidentifikasi sebagai kolam/petirtaan.

 

Pembangunan kolam/petirtaan ini diperkirakan tidak dalam satu masa dengan pembangunan gapura. Gapura diperkirakan lebih tua dibandingkan dengan kolam/petirtaan. Hal ini diketahui berdasarkan ukuran bata, teknik pemasangan bata, dan analisis struktur. (Sumber : Ahmad Hariri)