Sosialisasi Cagar Budaya Ke Sekolah

0
693

Pengenalan Cagar Budaya kepada masyarakat khususnya anak didik sangat diperlukan. Unit Kerja Pusat Informasi Majapahit BPCB Jawa Timur melaksanakan Sosialisasi Cagar Budaya Ke Sekolah, yang kali ini adalah sekolah Madrasah Ibtidaiyah Al Hidayah, di Dusun Kasian, Desa Domas, Kabupaten Mojokerto, Selasa kemarin.

Kegiatan dilaksanakan dari pagi hingga siang hari berupa upacara dan pembukaan, dilanjutkan penanaman pohon Maja. Materi pengenalan Cagar Budaya klasikal kepada siswa, permainan edukatif/outbond, simulasi ekskavasi, konservasi dan registrasi Cagar Budaya, serta lomba mewarnai dan pembuatan benda dengan tanah liat. Dilanjutkan pada malam harinya berupa kegiatan pengenalan pelestarian Cagar Budaya, pembagian hadiah dan sertifikat lomba, penayangan sejumlah film dngan mobil bioling yaitu, film pendek kegiatan siswa MI AL Ibtidaiyah mengikuti sosialisasi, film pendek sekilas PIM, film panjang berjudul Greatest Kingdom of Majapahit dan Aku Kamu Cinta Indonesia.

Apresiasi dan atensi siswa , dewan guru MI Al Hidaiyah, wali siswa, Dewan Pengurus MI Mojokerto dan masyarakat Dusun Kasian cukup tinggi hal ini dibuktikan adanya permintaan dari Dewan Pengurus MI Mojokerto meminta kegiatan diselenggarakan di MI Mojoanyar dan MI Brangkal yang berada di wilayah Kabupaten Mojokerto. (M. Ichwan)