Kegiatan Pemetaan dan Penggambaran Situs Pundensari di Kabupaten Blitar oleh BPCB Mojokerto

0
1618

kegiatan pemetaan dan penggambaran situs Pundensari di kabupaten Blitar

Kabupaten Blitar merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Timur yang kaya dengan potensi sumberdaya pariwisata, baik wisata alam maupun wisata budaya, salah satu wisata budaya adalah situs Pundensari di Dusun Purworejo, Desa Resapombo, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar. Berbagai ragam bangunan bersejarah dan purbakala masih banyak tersisa di Kabupaten Blitar baik yang masih tertimbun di dalam tanah maupun yang sudah ada di permukaan tanah sebagai akibat dari perjalanan panjang ini dalam panggung sejarah kebudayaan Nusantara.

Situs ini merupakan tinggalan masa Klasik abad ke-15, saat ini tempat tersebut dipercaya atau dijadikan oleh masyarakat sekitar dan daerah lain sebagai tempat pemujaan untuk memohon berkah seperti minta rezeki atau peruntungan, serta mohon dikabulkan untuk mendapat jabatan yang lebih tinggi.

Sesuai program Kelompok Kerja Pemugaran Balai Pelestarian Cagar Budaya Mojokerto Wilayah Kerja Provinsi Jawa Timur tahun 2014, dilaksanakan pemetaan dan penggambaran Situs Pundensari di Dusun Purworejo, Desa Resapombo, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar pada . Kegiatan Pemetaan adalah kegiatan pendokumentasian atau perekaman data dalam bentuk grafis keletakan dan lokasi cagar budaya serta lingkungannya. Sedangkan kegiatan Penggambaran adalah kegiatan untuk mendapatkan data fisik bangunan cagar budaya apa adanya, termasuk menggambarkan kondisi structural seperti kerusakan bangunan (miring, retak, melesak dsb). Kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mengetahui gambaran situasi keberadaan cagar budaya yang dapat dipakai sebagai acuan dalam menentukan kebijakan lebih lanjut berkaitan dengan aspek pelestariannya.

Pelaksanaan ini telah dilaksanakan pada tanggal 02 Juli sampai dengan 08 Juli 2014 oleh Tim Pemugaran Balai Pelestarian Cagar Budaya Mojokerto yang diketuai oleh seorang arkeolog BPCB Mojokerto Drs. Aris Sumarno dengan 6 orang anggotanya antara lain Syaifullah, Nurali, Nor Fadilatus Safiah, S.T, Abu Tholib, Adi Eko, Moh. Anggrit Komandoko yang juga dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Mojokerto wilayah kerja Provinsi Jawa Timur. .

Lokasi Situs Pundensari sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi tempat tujuan wisata, selain obyek kepurbakalaan yang menarik juga didukung oleh keindahan alam sekitarnya. Hal ini bisa tercapai apabila sarana dan prasarana dapat terpenuhi. Namun masyarakat belum banyak yang mengetahui keberadaannya, terbukti selama tim melakukan kegiatan pemetaan dan penggambaran tidak ada satupun pengunjung yang datang, pengunjung baru datang saat malam tiba, hal ini dapat diketahui dari sisa-sisa sesaji yang ada di atas altar keesokan hari.(un)

Sumber: Laporan Kegiatan Pemetaan dan Penggambaran Situs Pundensari oleh BPCB Mojokerto.