Kegiatan Pemetaan dan Penggambaran Benteng Purwodadi Magetan

0
955

Salah satu bentuk upaya pelestarian yang dilakukan oleh BPCB adalah perekaman data fisik yang dilakukan melalui kegiatan pemetaan dan penggambaran sebagai langkah awal dalam pelindungan data kekunaan dan lingkungannya.

Unit Pemugaran BCPB Jawa Timur melaksanakan kegiatan pemetaan dan penggambaran Benteng Kadipaten Purwodadi adalah untuk mendapatkan gambaran data keletakan lokasi dan situasi di sekitar situs serta kondisi sisa bangunan benteng yang ada saat ini. Selain data gambar, tim pemetaan dan penggambaran juga melaksanakan perekaman data secara verbal dan visual terhadap situs dan lingkungannya.

Kegiatan pemetaan dan penggambaran Benteng Kadipaten Purwodadi bertujuan untuk merekam data kondisi bangunan dan lingkungan sekitarnya dalam bentuk peta dan gambar. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperoleh data yang terkait sebagai acuan dalam upaya pelestariannya. Pemetaan dan penggambaran juga merupakan bentuk pelestarian data cagar budaya dalam bentuk gambar (dokumen), sehingga apabila ada kerusakan pada fisik cagar budaya sudah ada rekaman gambarnya.

Langkah-langkah yang digunakan dalam kegiatan ini adalah:

  1. Melakukan observasi dengan survei permukaan tanah untuk mengetahui bentuk dan kondisi Benteng Kadipaten Purwodadi dan lingkungannya yang akan dipeta dan digambar.
  2. Kegiatan pemetaan dilaksanakan di lapangan dengan menggunakan alat ukur pesawat Theodolit. Hasil pengukuran di lapangan masih berupa angka yang dicatat dan dimasukkan dalam blangko sesuai dengan kebutuhan. Angka-angka tersebut agar dapat dijadikan bentuk gambar, terlebih dahulu dilakukan penjabaran. Hasil penjabaran angka-angka tersebut dituangkan atau digambar di atas kertas milimeter dengan skala sesuai dengan kebutuhan, kemudian disalin di atas kertas kalkir. Dalam kegiatan pemetaan Benteng Kadipaten Purwodadi menggunakan skala 1 : 1000.
  3. Penggambaran Benteng Kadipaten Purwodadi adalah untuk mendapatkan gambaran tentang desain struktur maupun arsitektural sisa-sisa bangunan yang masih ada dalam bentuk gambar denah, tampak dan potongan. Gambar tersebut didapat dari hasil pengukuran secara langsung di lapangan yang dituangkan di atas kertas milimeter dengan skala 1 : 20. Kemudian gambar tersebut disempurnakan di kantor dalam bentuk kertas kalkir.
  4. Pemotretan adalah kegiatan merekam data dalam bentuk foto tentang kondisi dan bentuk kekunaan. Dalam kaitan kegiatan pemetaan dan penggambaran, hasil pemotretan untuk melengkapi atau memperjelas gambar hasil pemetaan dan penggambaran agar lebih dapat dipahami bentuk-bentuk arsitektural kekunaan tersebut. Pemotretan dilakukan dengan menggunakan kamera digital bertujuan untuk merekam data dan merekam kegiatan pemetaan dan penggambaran. Pemotretan dalam kegiatan ini juga dilakukan secara detail pada dinding bangunan benteng untuk membantu mempercepat proses penggambaran karena hasil fotonya dapat digambar dengan program komputer.

Kegiatan pemetaan dan penggambaran ini telah berhasil melakukan perekaman gambar data yang menjelaskan kondisi fisik struktur gapura dan dinding benteng sisi selatan maupun kondisi situasi lingkungan sekitarnya. Kegiatan pendokumentasian dalam bentuk gambar ini merupakan langkah awal yang dapat digunakan sebagai bahan kajian sebelum melakukan upaya pelestarian selanjutnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan pemetaan dan penggambaran ini telah berhasil dilakukan perekaman data gambar pemetaan struktur Benteng Kadipaten Purwodadi serta lingkungan sekitarnya seluas 513,180 m2 (51,318 Ha). Dan penggambaran data Benteng Kadipaten Purwodadi yang telah dihasilkan berjumlah 930,15 m2.

Survei Permukan Tanah
Survei Permukaan Tanah
Kegiatan Penggambaran dan Pendataan Keadaan Benteng
Kegiatan Penelitian Arkeologi
Kegiatan Pemetaan Lingkungan Benteng

(Lap. Kegiatan Pemetaan dan Penggambaran Benteng Purwodadi Magetan, 2017)