Kegiatan Pemetaan dan Penggambaran Benteng Kadipaten Purwodadi Tahap II

0
573

Kegiatan pemetaan dan penggambaran pada bangunan Benteng Purwodadi Desa Purwodadi Kecamatan Barat Kabupaten Magetan ini merupakan lanjutan kegiatan tahun 2017.

Pemetaan adalah salah satu bentuk pendokumentasian dengan melakukan perekaman data dalam bentuk peta keletakan lokasi cagar budaya dan situasi lingkungan sekitarnya. Benteng Kadipaten Purwodadi dapat dikategorkan sebagai struktur cagar budaya yang secara fisik berupa struktur pagar keliling dengan pintu masuk (gapur) berada di sisi selatan. Pagar benteng terbuat dari susunan bata tanpa spesi yang dipasang dengan sistem tumpuk, sedangkan gapura atau pintu masuk benteng terbuat dari susunan bata dengan spesi. Keberadaan benteng dan lokasi sekitarnya perlu dipetakan sebagai bahan dalam memahami konteks benteng dengan lingkungannya. Sasaran pemetaan tahun ini adalah melengkapi dan memperluas peta lingkungan sekitar bangunan benteng.

Penggambaran adalah salah satu pendokumentasian secara pictorial dalam betnuk gambar yang dilakukan dalam rangka perekaman data teknis tentang kondisi arsitektural dan struktural cagar budaya. Dokumen dalam bentuk gambar sangat diperlukan sebagai data penunjang dokumentasi secara verbal atau bentuk tulisan. Pelaksanaan pendokumentasian baik verbal maupun pictorial atau gambar merupakan upaya pelestarian data dan nilai-nilai yang terkandung dalam benda cagar budaya, yang digunakan sebagai sumber informasi untuk pelestarian dan pemanfaatannya. Sasaran penggambaran tahun ini adalah melanjutkan sisa kegiatan tahun lalu, yaitu penggambaran sisa-sisa struktur bata dinding pagar sisi timur, pagar sisi utara dan pagar sisi barat.  (Lap.Pemetaan dan Penggambaran Benteng Kadipaten Purwodadi Tahap II, 2018)