Jelajah Bhumi Majapahit 2015

0
1043
Duta Wisata Kabupaten Mojokerto dan Peserta

BPCB Mojokerto – Dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Mojokerto yang ke 722 pada 17 Mei 2015 di gelar acara ngontel bareng bertema “Jelajah Bhumi Majapahit 2015” di kawasan Situs Trowulan. Sebanyak kurang lebih 5 ribu peserta sepeda ontel memadati halaman Pendopo Agung Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, yang dimana menjadi tempat start dan finish kegiatan tersebut.

Peserta yang mengikuti kegiatan ngontel bareng berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti : Jakarta, Mataram, Bali, Cilacap, Semarang, Jogyakarta, Madiun, Kediri, Jombang dan beberapa daerah di Jawa Timur. Banyak peserta yang tampil dengan gaya unik mereka, seperti memakai kostum pahlawan, pendekar, profesi, hantu, kostum adat jawa kuno sampai kostum majapahitan.

Peserta diberangkatkan sekitar pukul 07.00 WIB dari Pendopo Agung Trowulan menuju ke situs-situs Majapahit dengan jarak empuh wajib sekitar 20 kilometer. Terdapat 12 situs yang dilintasi para peserta ontel bareng Jelajah Bhumi Majapahit 2015, antara lain Makam Troloyo, Situs Candi Tikus, Situs Candi Bajangratu, Situs Candi Menakjinggo, Situs Makam Putri Cempa, Situs Kolam Segaran, Budha Tidur, Kawasan Kampung Majapahit, Situs Candi Brahu dan Candi Gentong.

Selain acara ngontel bareng dihari sebelumnya, 16 Mei 2015, juga di gelar acara bazar yang memamerkan beberapa product unggulan antara lain aneka onderdil sepeda tua, batu akik, batik Majapahit/Mojkerto, dan product unggulan lain Kabupaten Mojokerto khususnya. (un)